Tanjungpinang (ANTARA) - Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Provinsi Kepulauan Riau mencatat jumlah tenaga kesehatan di wilayah itu yang divaksinasi booster kedua meningkat 14 persen dalam sepekan.

Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Kepri Tjetjep Yudiana di Tanjungpinang, Selasa, menyatakan capaian vaksinasi booster kedua mencapai 6.578 orang atau 46,58 persen.

"Pekan lalu masih sekitar 32 persen, namun sekarang sudah mencapai 46,5 persen. Seperti prediksi saya sebelumnya, kemungkinan dalam waktu sebulan vaksinasi booster kedua untuk tenaga kesehatan sudah mencapai target," katanya.

Pemerintah pusat telah mendistribusikan Pfizer sebanyak 16.056 dosis untuk tenaga kesehatan di Kepri. Jika dosis tersebut tidak mencukupi, Satgas Penanganan COVID-19 Kepri akan meminta kembali ke Kemenkes.

Baca juga: Satgas minta RT/RW se-Kepri gerakkan warga ikuti vaksinasi booster

Baca juga: Satgas: Vaksinasi penguat dosis kedua nakes Kepri capai 4.608 orang


Sejak pekan lalu, menurut dia, jumlah tenaga kesehatan yang divaksinasi booster kedua berkisar antara 300-700 orang setiap hari. Hari ini ada sekitar 730 orang tenaga kesehatan yang vaksinasi booster.

"Mudah-mudahan program ini selesai dalam bulan ini," katanya.

Mantan Kadis Kesehatan Kepri itu berharap pemerintah pusat memulai vaksinasi booster kedua untuk masyarakat umum setelah program vaksinasi booster kedua untuk tenaga kesehatan berhasil dilaksanakan.

Alasannya, banyak masyarakat yang bertanya kapan dilaksanakan program vaksinasi booster kedua dilaksanakan.

"Rata-rata yang suntik vaksin dosis ketiga atau penguat (booster pertama) pada Januari-Maret 2022 merasa khawatir karena masa efektivitas vaksin tersebut sudah habis sehingga membutuhkan vaksin keempat. Seperti saya, vaksin dosis booster pertama pada Februari 2022," ucapnya.

Tjetjep mengimbau masyarakat yang memenuhi persyaratan segera vaksinasi di puskesmas atau posko yang dibangun berbagai institusi negara. Sampai sekarang capaian vaksinasi booster di Kepri baru 52,4 persen.*

Baca juga: 2.147 nakes Batam telah mendapatkan vaksinasi COVID-19 penguat kedua

Baca juga: Dinkes Kepri sasar 14.000 nakes dapat vaksinasi COVID-19 booster kedua

Pewarta: Nikolas Panama
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2022