Badung, Bali (ANTARA) - Bupati Badung, Provinsi Bali I Nyoman Giri Prasta mengatakan penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Nusa Dua, Badung pada bulan November mendatang akan berdampak positif bagi sektor pariwisata di wilayah itu.

"Kegiatan KTT G20 memberikan dampak yang positif bagi pertumbuhan kunjungan wisatawan dan pertumbuhan ekonomi di Badung khususnya dan Bali pada umumnya, ini terbukti dengan terpenuhinya target pendapatan asli daerah (PAD) Pemkab Badung dari sektor pariwisata," katanya di Mangupura, Rabu.

Ia yakin suksesnya penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Nusa Dua, Badung pada bulan November 2022 akan memberikan dampak yang positif bagi citra Badung, Bali dan Indonesia di dunia Internasional.

Untuk menyambut kepala negara dan delegasi, kata dia, saat ini berbagai persiapan dan perbaikan infrastruktur dan sarana prasarana terus dilakukan di berbagai titik di Badung.

"Kami juga sudah sangat siap menyambut kunjungan para delegasi dari setiap negara peserta, melalui penataan infrastruktur pariwisata di wilayah Pantai Samigita atau Seminyak, Legian dan Kuta," katanya.

Selain berdampak positif bagi perekonomian masyarakat, Bupati juga menyatakan bahwa pelaksanaan KTT G20 di Nusa Dua juga bisa menjadi momentum untuk merajut kebersamaan dalam mewujudkan perdamaian dan keamanan dunia.

"Badung merupakan kabupaten yang sangat aman dan kondusif karena pemerintah bersama masyarakat setempat konsisten menerapkan Pancasila khususnya Sila kelima dalam mewujudkan kerukunan antar umat beragama," katanya.

Dalam rangka menyukseskan pelaksanaan KTT G20 khususnya terkait koordinasi bidang pengamanan, Bupati I Nyoman Giri Prasta juga telah menerima silaturahmi perwakilan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) di Rumah Jabatan Bupati, Puspem Badung.

Pada kesempatan itu, bupati menyampaikan komitmennya untuk selalu tegak lurus dengan arahan Presiden Joko Widodo dan pemerintah pusat terkait pelaksanaan KTT G20 di Bali serta mendukung penuh tugas pokok Paspampres dalam ajang pertemuan global tersebut.

"Ini bagian dari tugas negara, maka saya sebagai bupati siap mendukung kebutuhan Paspampres selama bertugas di Nusa Dua untuk menyukseskan pelaksanaan event KTT G20," katanyaa.

Sebagai wujud dukungan kepada Paspampres, Pemkab Badung telah memberikan Lapangan Lagoon di Nusa Dua sebagai Pos Bantuan Kendali Operasi (BKO) Paspampres selama pelaksanaan kegiatan KTT G20, demikian I Nyoman Giri Prasta.

Baca juga: Pemkab Badung dukung Presidensi G20 lewat pengelolaan sampah mandiri

Baca juga: Masyarakat dan warga asing di Canggu-Bali kirim petisi kepada Presiden

Baca juga: Kapolresta Denpasar terus patroli pastikan Bali aman jelang KTT G20

Baca juga: Pemkab Badung tingkatkan kerja sama bidang wisata dengan Korea Selatan

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2022