Magelang (ANTARA) - Atlet-atlet muda PB Djarum sukses mendominasi podium YUZU Isotonic Magelang Open (YIMO) 2022 pada partai final di GOR Djarum Kota Magelang, Jawa Tengah, Sabtu.

Sebanyak enam juara dari 11 kategori berhasil dibawa pulang oleh klub yang bermarkas di Kudus tersebut.

Final sesama atlet PB Djarum juga terjadi pada empat sektor, yakni tunggal putri U-13, ganda putri U-13, tunggal putri U-15, dan tunggal putra U-15.

Baca juga: PB Djarum dominasi final turnamen bulu tangkis Magelang Open 2022

Pada nomor tunggal putri U-15, final sesama atlet PB Djarum mempertemukan Syalma Nurwijaya Kusuma dan Hani Miftasari. Dalam waktu 42 menit, Syalma yang merupakan unggulan pertama berhasil mengalahkan Hani dalam drama tiga babak 21-13, 13-21, 21-13.

Syalma mengatakan pertemuan dengan Hani pada laga pamungkas ini merupakan salah satu pertandingan yang cukup sulit. Selain karena saling mengetahui kelemahan maupun kelebihan satu sama lain lantaran sering berlatih bersama, ketegangan pada partai final jelas terasa.

Atlet kelahiran Bandung, Jawa Barat itu merasa bangga perjalanan di YIMO 2022 terbilang mulus sampai akhirnya meraih juara.

"Di pertandingan tadi saya tegang, terutama di set kedua mainnya terburu-buru dan mati terus. Akhirnya di set ketiga saya mencoba bermain lebih sabar, karena melawan Hani tadi kuncinya sabar. Capaian juara ini saya persembahkan untuk orang tua dan pelatih," katanya.

Hasil membanggakan ditorehkan oleh Aurellia Florenza Lumoindong yang berhasil menjadi kampiun dalam dua sektor sekaligus. Atlet asal PB Champion Klaten ini berpasangan dengan Melkior Elang Pura Angkasa (PB Champion Jakarta) di Ganda Campuran U-15 dan duet dengan rekan satu klub, Nadin Nashihatul Fathiyah pada Ganda Putri U-15.

Pada partai final ganda campuran U-15, Aurelia/Melkior sukses mengalahkan Alfindo/Nadin Nashihatul Fathiyah (PB Champion Klaten) dengan rubber game 7-21, 21-15, 21-15. Sedangkan juara di sektor ganda putri U-15 diraih oleh Aurelia/Nadin usai menuntaskan permainan dari Nafina Addnin Audina/Risfina Meyizza Tommzhu asal PB Djarum. Persaingan ketat terjadi di partai tersebut hingga berakhir tiga gim dalam tempo 47 menit, 13-21, 21-17, 21-17.

Baca juga: 450 pebulutangkis muda ikuti Magelang Open 2022

"Saya merasa senang sekali bisa mendapatkan dua gelar juara di YIMO 2022. Keberhasilan ini saya dedikasikan untuk orang tua dan para pelatih saya di Champion Klaten. Memang kita harus percaya diri di pertandingan final. Kami sudah latihan sekian lama. Tapi kalau sudah masuk lapangan tetep suka ada rasa nggak percaya diri," kata Aurellia.

Ia menyatakan sempat grogi di awal-awal pertandingan. Tapi terus berusaha untuk meningkatkan rasa percaya diri dan cukup berhasil. Bisa menang di gim kedua dan akhirnya bisa memenangi pertandingan.

Dua gelar juara pada YUZU Isotonic Magelang Open 2022 juga diraih wakil atlet PB Djarum Calvin Kennedy Chendrawinata pada sektor tunggal putra U-15, unggulan teratas ini berhasil menundukkan rekan satu klubnya Yudha Rendra Wijaya yang merupakan unggulan kedua. Sementara di nomor ganda putra U-15, dia berpasangan dengan Yudha menumbangkan duet PB Champion Kudus, Casey Franov Immanuel/Hafizh Al Habsyi.

Brand Executive YUZU Isotonic Margareta Sianne mengucapkan selamat kepada pemenang YUZU Isotonic Magelang Open 2022 dan juga berterima kasih kepada ratusan atlet yang telah berpartisipasi dalam kejuaraan ini.

Ia berharap, para atlet, baik yang menang maupun yang kalah, dapat memetik pelajaran penting ketika bertanding sehingga dapat meningkatkan level kemampuannya di masa mendatang dan mendulang prestasi lebih tinggi lagi untuk Indonesia.

"Selamat kepada para pemenang YUZU Isotonic Magelang Open 2022. Sejalan dengan tema tahun ini Be The Champion, kami berharap agar kejuaraan ini dapat menjadi wadah positif untuk para atlet bisa mengembangkan bakat dan kemampuan agar lebih baik lagi ke depannya. Serta atlet-atlet muda ini bisa menjadi pahlawan bulu tangkis masa depan penerus para senior-seniornya dengan prestasi di level dunia," katanya. 

Baca juga: Indonesia kirim 16 wakil ke Denmark Open 2022

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2022