Jakarta (ANTARA) - Lembaga pelatihan bisnis siap membantu 1 juta usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Tanah Air untuk bisa naik kelas dalam pengembangan usahanya.

Founder GRATYO Practical Business Coaching Yohanes G. Pauly mengatakan saat ini banyak pihak, baik pemerintah maupun swasta yang berupaya menggenjot pertumbuhan UMKM. Salah satu cara yang dipercaya bisa membantu akselerasi adalah dengan "business coaching" atau pelatihan usaha.

"Dengan business coaching, pelaku bisnis bisa menerapkan strategi-strategi praktis yang terbukti berhasil di lapangan, hingga menemukan blind-spot yang selama ini tidak disadari pebisnis yang membuat bisnisnya belum bisa 'profitable' dan 'auto pilot'," ujarnya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu.

Baca juga: Kementerian Investasi fasilitasi NIB di Cilegon dukung UMKM naik kelas

Terkait hal itu, lanjutnya, sebagai salah satu bentuk kontribusi terhadap pertumbuhan UMKM di Indonesia pihaknya menghadirkan kompetisi Indonesia Mencari Founders (IMF).

Kompetisi tersebut bertujuan untuk mencari pemilik bisnis UMKM dan calon entrepreneur untuk diberikan pelatihan selama 1 tahun agar bisnisnya bisa naik kelas.

Pertama kali dihadirkan, IMF dirancang sebagai kompetisi para pendiri bisnis baik untuk wirausahawan baru maupun wirausahawan mapan untuk menjadi GRATYO Indonesia Entrepreneur of The Year 2022 dengan hadiah senilai Rp1 miliar. Pendaftaran IMF dimulai pada bulan Agustus sampai September 2022.

Baca juga: Kemenparekraf dorong 200 pelaku UMKM Palembang "naik kelas"

Owner GRATYO BusinessVersity Ferry Dafira menambahkan misi utama dari Indonesia Mencari Founders adalah agar di 2045 akan ada 1 juta UMKM yang bisa naik level dari bisnis skala kecil menjadi bisnis skala menengah.

"Mereka diharapkan bisa berkontribusi pada pertumbuhan perekonomian Indonesia yang bisa Pulih Lebih Cepat dan Bangkit Lebih Kuat," ujarnya.

Sampai saat ini lebih dari 1.500 pemilik usaha dan calon wirausahawan yang terdaftar, lanjutnya, diharapkan akan ada 3.000 pemilik bisnis dan calon entrepreneurs yang ikut serta.

Pemenang akan diumumkan pada 19 November 2022 di annual event bertajuk Indonesia Founders Conference (IFC).

Pewarta: Subagyo
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2022