Jakarta (ANTARA) - Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) RI Rahmat Bagja mengingatkan 72 anggota Bawaslu provinsi terpilih untuk terus menjaga hubungan baik sesama penyelenggara pemilu.

"Bawaslu, KPU, dan DKPP harus menjadi keluarga besar penyelenggara pemilu," kata Bagja saat Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Janji Anggota Bawaslu Provinsi Masa Jabatan 2022-2027 di Jakarta, Rabu.
 
Bagja berpesan kepada anggota Bawaslu provinsi terpilih agar menjaga hubungan baik sesama penyelenggara pemilu tanpa melanggar undang-undang yang berlaku.

Baca juga: Bawaslu RI: Waspadai gangguan keamanan di irisan tahapan Pemilu 2024
 
Pada kesempatan itu, Bagja mengatakan Bawaslu, KPU, dan DKPP merupakan tiga penyelenggara pemilu untuk menyukseskan pemilihan umum di Indonesia.
 
"Ke depan Bawaslu, KPU, dan DKPP akan lebih baik lagi," ujarnya.
 
Bawaslu melantik 72 anggota Bawaslu provinsi dari 24 provinsi. Pelantikan dipimpin Ketua Bawaslu Rahmat Bagja dan didampingi empat anggota Bawaslu lainnya, yaitu Lolly Suhenti, Herwyn J.H Malonda, Totok Hariyono, dan Puadi.

Baca juga: Komisi II DPR setujui 6 Rancangan Peraturan Bawaslu
Baca juga: Bawaslu RI akan ganti sistem tata kerja penyelenggaraan Pemilu 2024
 
Sebelumnya, Tim Seleksi (Timsel) Anggota Bawaslu Provinsi di 25 provinsi mencatat terdapat sebanyak 2.815 orang yang mendaftar. Hasilnya, sebanyak 2.348 orang lolos seleksi administrasi dan dapat mengikuti seleksi tertulis dan tes psikologi.
 
Selanjutnya pada 20 Agustus 2022, tim seleksi menyerahkan 150 nama calon anggota Bawaslu dari 25 provinsi untuk dilakukan uji kelayakan dan kepatutan oleh Bawaslu RI.
 
Kemudian, Bawaslu menetapkan 75 orang dari 150 nama sebagai anggota Bawaslu provinsi. Sedangkan, tiga anggota Bawaslu Provinsi DKI akan dilantik pada 16 Oktober 2022.

Pewarta: Boyke Ledy Watra
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2022