Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita humaniora selama sepekan yang mendapat perhatian pembaca serta masih menarik untuk disimak hari ini mulai dari bencana banjir dan longsor menerjang Kecamatan Bayah dan Cilograng di Kabupaten Lebak hingga Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy memimpin upacara pemakaman Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra.

Selain itu juga, ada berita mengenai pernyataan Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) Prof Ova Emilia yang membenarkan bahwa Guru Besar Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FKKMK) Prof Samekto Wibowo meninggal dunia setelah terseret ombak di Pantai Pulang Sawal.

Berikut ini sejumlah rangkuman berita humaniora sepekan:

1. Cegah kekerasan, Kemenag sosialisasi buku panduan pesantren ramah anak

Kementerian Agama (Kemenag) telah memiliki buku panduan pesantren ramah anak yang disusun bersama Komisi Perlindungan Perempuan dan Anak (KPPA) dan tengah menyosialisasikannya sebagai upaya preventif pencegahan kekerasan di lembaga pendidikan keagamaan.

Baca selengkapnya di sini

2. Menko PMK pimpin upacara pemakaman Azyumardi Azra

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy memimpin upacara pemakaman Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Selasa.

Baca selengkapnya di sini

3. Mensos: Silakan lapor jika ada pemotongan BLT BBM kepada aparat hukum

Menteri Sosial Tri Rismaharini mempersilahkan masyarakat untuk melaporkan adanya dugaan pemotongan bantuan langsung tunai bahan bakar minyak (BLT BBM) kepada aparat penegak hukum.

Baca selengkapnya di sini

4. Kemenaker usut dugaan penipuan 350 calon PMI dari Bali

Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) RI turun tangan untuk mengusut laporan adanya 350 calon Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Bali yang ditipu dan tidak diberangkatkan ke luar negeri oleh PT Mag Diamond sejak 2019 lalu.

Baca selengkapnya di sini

5. Banjir dan longsor di Lebak terjang dua kecamatan

Banjir dan longsor menerjang Kecamatan Bayah dan Cilograng di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, Jumat, menyebabkan tiga rumah rusak berat.

Baca selengkapnya di sini

6. Menkes sampaikan minat Indonesia ikut uji klinis vaksin TB

Pemerintah Indonesia menyampaikan minat untuk ikut serta dalam uji klinis vaksin Tuberkulosis (TBC) kepada Bill & Melinda Gates Foundation (BMGF) dan Welcome Trust.

Baca selengkapnya di sini

7. Rektor benarkan salah satu guru besar UGM meninggal terseret ombak

Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) Prof Ova Emilia membenarkan bahwa Guru Besar Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FKKMK) Prof Samekto Wibowo meninggal dunia setelah terseret ombak di Pantai Pulang Sawal, Tepus, Gunungkidul, DIY, Sabtu.

Baca selengkapnya di sini

Pewarta: Wuryanti Puspitasari
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2022