Beijing (ANTARA) - Hari Tunarungu Internasional diperingati pada hari Minggu keempat di bulan September setiap tahunnya.

Sejak 2019, Shaanxi Urban Economy School memberikan pelatihan barista gratis bagi para penyandang tunarungu.

Selama program pelatihan ini, para peserta dapat mempelajari keterampilan membuat kopi dan pengetahuan tentang pengoperasian kafe, yang dapat membantu mereka merintis jalan untuk memulai bisnis kopi mereka sendiri atau menjadi pekerja di industri tersebut.

Hingga saat ini, lebih dari 20 orang yang telah lulus dari program pelatihan tersebut bekerja di kafe-kafe di berbagai lokasi di seluruh China.

Berikut beberapa potret kebolehan para barista penyandang tunarungu di Shaanxi, China barat laut, sebagaimana dilansir Xinhua pada Senin.

 
Qu Wenmin seorang guru bahasa isyarat, menerjemahkan penjelasan untuk para peserta tunarungu yang mengikuti kelas pelatihan barista di Shaanxi Urban Economy School di Xi'an, ibu kota Provinsi Shaanxi, China barat laut, pada 22 September 2022. (Xinhua/Li Yibo). 
 
Dua barista penyandang tunarungu, berkomunikasi menggunakan bahasa isyarat di sebuah kedai berbahasa isyarat Starbucks  di Xi'an, ibu kota Provinsi Shaanxi, China barat laut, pada 4 Juli 2022. (Xinhua/Li Yibo) 
 
Chen Jiayue (tengah), seorang barista penyandang tunarungu, bekerja di kafe miliknya di Xi'an, ibu kota Provinsi Shaanxi, China barat laut, pada 24 September 2022. (Xinhua/Li Yibo)
 
Chen Jiayue (tengah), seorang barista penyandang tunarungu, bekerja di kafe miliknya di Xi'an, ibu kota Provinsi Shaanxi, China barat laut, pada 24 September 2022. (Xinhua/Li Yibo
 
 

 

Pewarta: Xinhua
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2022