Probolinggo, Jawa Timur (ANTARA) - Ribuan siswa madrasah dan civitas akademika se-Kabupaten Probolinggo melakukan shalat gaib untuk korban meninggal dalam tragedi Stadion Kanjuruhan dan shalat tersebut digelar serentak di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, Senin.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Probolinggo Akhmad Sruji Bahtiar mengikuti shalat gaib di MAN 2 dan MTsN 2 Probolinggo karena salah satu korban tragedi maut tersebut yakni Moh. Kindi Arumi Purnama merupakan alumni MTsN 2 Probolinggo dan putra dari guru MAN 2 Probolinggo Subadri.

"Kegiatan itu bertujuan untuk mendoakan seluruh korban yang meninggal dengan harapan semoga amalnya diterima serta segala salah dan khilaf diampuni oleh Allah SWT, serta keluarga yang ditinggalkan diberikan kesabaran dan ketabahan," katanya di Kabupaten Probolinggo.

Kegiatan shalat gaib dilaksanakan di Masjid Nurul Hasan dan GOR MAN 2 Probolinggo yang diawali dengan kegiatan shalat dhuha dan dilanjutkan dengan pembacaan surat yasin, serta diakhiri dengan pembacaan tahlil dan doa bersama.

Baca juga: Suporter bola Madura gelar aksi bakar lilin di Arek Lancor Pamekasan

Baca juga: Suporter Barito nyalakan lilin sebagai duka untuk Tragedi Kanjuruhan


"Semoga dalam pelaksanaan pertandingan sepak bola ke depan ada perbaikan sistem penyelenggaraan kompetisi, pengamanan dan peningkatan kualitas sarana prasarana sehingga pemain, penonton dan berbagai pihak merasa aman dan nyaman dalam menonton pertandingan sepak bola," tuturnya.

Bahtiar mengajak semua harus banyak belajar dari kejadian tanggal 1 Oktober 2022 di Stadion Kanjuruhan Malang karena jika kematian sudah pada waktunya maka tidak ada yang bisa menunda dan tidak bisa dihalangi.

"Dengan berbagai cara dan berbagai peristiwanya, semua harus berhusnudzon kepada Allah SWT bahwa ada hikmah dibalik itu semua. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan kelapangan bagi semua korban dan semoga keluarga yang ditinggalkan diberi kesabaran dan ketabahan," katanya.*

Baca juga: Kompolnas awasi kinerja tim investigasi Kanjuruhan

Baca juga: Kapolresta Malang Kota asuh anak yatim piatu akibat tragedi Kanjuruhan

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2022