Jakarta (ANTARA) - Sejumlah warga berkumpul di area trotoar seberang Istana Merdeka, Jakarta, Rabu, untuk menyaksikan upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-77 TNI dari kejauhan.

Menurut salah satu warga bernama Lina, ia menyempatkan diri mendatangi Istana Merdeka untuk menyaksikan langsung upacara HUT TNI sekaligus beragam rangkaian acara lainnya karena merupakan salah satu penggemar TNI.

"Saya ke sini karena memang suka TNI. Ada juga beberapa warga yang datang karena kerabatnya anggota TNI ikut upacara di sini," ujar Lina saat ditemui di seberang Istana Merdeka, Jakarta, Rabu.

Meskipun hanya bisa menyaksikan dari jarak yang jauh, Lina mengaku tetap merasa senang dapat hadir di sekitar lokasi pelaksanaan upacara tersebut.

Berdasarkan pantauan ANTARA, warga mulai berkumpul di area trotoar seberang Istana Merdeka sejak pukul 07.15 WIB. Di area tersebut, tampak pula sejumlah personel gabungan yang berbaur dengan warga, di antaranya beberapa personel TNI, anggota Kepolisian RI, dan Paspamres.

Sebagian dari mereka duduk bersama warga dan bercengkerama. Dalam kesempatan ini pun, warga diberi makanan ringan yang disalurkan oleh para personel gabungan yang tengah berjaga.  

"Tadi, ini makanannya dikasih sama anggota TNI," kata Siti, warga yang juga menyaksikan upacara peringatan HUT Ke-77 TNI di seberang Istana Merdeka.

Terkait dengan peringatan HUT Ke-77 TNI yang jatuh pada 5 Oktober 2022 ini, sebelumnya pada Jumat (30/9), Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Letjen TNI Eko Margiyono menyampaikan upacara peringatan HUT TNI itu dipimpin oleh Presiden RI Joko Widodo selaku inspektur upacara.

Selanjutnya, akan ada demo dari beberapa atraksi pesawat TNI Angkatan Udara, seperti "fly pass" pesawat F16, helikopter yang membawa bendera raksasa, dan pertunjukan akrobat dari pasukan akrobatik TNI AU Jupiter.

Berikutnya, ada pula pagelaran yang terdiri atas pasukan drum band, pasukan yang ikut upacara, serta defile dari prajurit yang mengendarai 63 kendaraan tempur (ranpur).

Mengenai defile kendaraan tempur, warga di sekitar area trotoar seberang Istana Merdeka mengaku antusias untuk menyaksikan acara itu.

"Iya (antusias menunggu defile)," kata Lina.

Baca juga: Presiden Jokowi pimpin peringatan HUT TNI ke-77 di Istana Merdeka

Baca juga: Arus lalu lintas Monas-Istana direkayasa untuk HUT TNI

Baca juga: Panglima TNI dan tiga kepala staf angkatan ziarah ke tokoh nasional

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Nurul Hayat
COPYRIGHT © ANTARA 2022