Jakarta (ANTARA) - Restu dan berkat dari orangtua menjadi modal utama bagi Dobujack untuk menjadi salah satu produk fesyen lokal terkemuka di Indonesia.

Penggunaan nama Dobujack yang merupakan singkatan dari Doa Ibu Jadi Anak Cepat Kaya, menuntun Delly Fitriansyah sebagai pemiliknya bisa menjalankan bisnisnya selama 17 tahun.

Berbagai lika-liku pernah dialami Delly saat membangun bisnis di usianya yang baru menginjak 18 tahun. Delly mengaku memulai usaha dengan modal hanya Rp2,5 juta melalui pinjaman bank, dan menjadi langkah terbesarnya demi membantu biaya kuliah dan mengubah perekonomian keluarga.

Baca juga: Jenama lokal tawarkan sepatu olahraga harga di bawah Rp100 ribu

Kegigihannya berbuah manis, bisnisnya terus tumbuh dan Dobujack juga memperkenalkan tren fesyen unisex yang mengedepankan gaya kasual, simpel, nyaman namun tetap trendi.

"Menyasar generasi muda yang memiliki spirit fesyen penuh petualang, strategi penjualan kami diawali secara offline dengan menitipkan produk pada toko-toko distro Bandung," kata Delly dalam bincang-bincang Shopee di Jakarta pada Selasa (4/10).
 
Ilustrasi produk fesyen dari jenama lokal Dobujack (ANTARA/Ho/dok.Pri)


Dobujack kemudian memperluas distribusinya hingga ke 15 titik di kota-kota besar seperti Jakarta, Jogja, Tangerang, Bekasi, Makassar, dan Surabaya. Pada 2008, Dobujack berhasil membuka gerai distro pertama di Bogor, dan terus berlanjut di Bandung tahun 2014, Bekasi pada 2017, serta toko daring pertama di Shopee tahun 2020.

Melalui semangat yang tak pernah padam, berbagai acara Bazaar teranyar setiap tahunnya juga menjadi strategi yang Delly jalani demi menciptakan nama Dobujack semakin bersinar.

Bahkan yang dulunya hanya fokus berjualan kaos, kini Dobujack telah melebar dengan menawarkan ragam kebutuhan fesyen lengkap dari kepala hingga kaki seperti kaos, jaket/hoodie, tas, dan sweater, serta celana.

Baca juga: Tiga jenama lokal kolaborasi hadirkan koleksi "perspective"

Adapula sandal, sepatu, topi, snapback, buckle hat, dompet, sabuk, aksesoris dan berbagai produk pendukung fesyen lainnya. Proses produksi juga dilakukan secara lokal, mulai dari tempat membeli bahan, konveksi, penjahit hingga pengemasan.

Kehadiran Dobujack telah berkontribusi menciptakan lapangan pekerjaan untuk masyarakat sekitar dari empat pegawai kini mencapai 40 orang karyawan ditambah bantuan beberapa tenaga makloon.
Pencapaian-pencapaian tersebut tidak sekadar unsur keberuntungan melainkan bagian dari perjalanan panjang yang penuh pengorbanan. Kerja keras, merelakan waktu bermain di masa kuliah, ditipu rekan bisnis, banyak barang hilang, pembayaran tertunda berbulan-bulan maupun bertahun-tahun, hingga kondisi terberat saat pandemi makin terasa pada 2020.

Bisnis yang diharapkan lancar, karena telah menyiapkan stok untuk event offline pameran serentak di 11 kota, semua batal karena pandemi COVID-19. Bahkan, seluruh distro terpaksa harus ditutup.

Akan tetapi, Delly tidak berputus asa. Dia akhirnya mulai mempelajari lebih dalam tentang loka pasar daring melalui platform Shopee.
 
Ilustrasi produk fesyen dari jenama lokal Dobujack (ANTARA/Ho/dok.Pri)


Perluas jangkauan di ranah digital

Ragam inovasi, fitur, serta program yang ditawarkan Shopee mulai dari kampanye angka kembar, promo Gratis Ongkir, hingga fitur menarik seperti Shopee Live, membuat Dobujack memutuskan untuk memperluas jangkauan bisnisnya ke ranah digital.

Dobujack menilai platform ini tidak hanya menawarkan kemudahan tetapi wadah bagi para pelaku usaha dalam memperluas segmentasi penjualannya hingga pelosok daerah yang sebelumnya tidak terbayangkan.

Baca juga: Snugg gaungkan pemberdayaan perempuan lewat koleksi "The Essentials"

Menurut Delly, pandemi membuat masyarakat beralih ke belanja daring. Dobujack pun mulai fokus mendalami ilmu baru ini dan terbukti bahwa omsetnya jauh lebih besar dengan berjualan daring dan mendapat keuntungan hingga 10 kali lipat dengan jumlah transaksi mencapai 10.000 paket setiap kampanye tanggal kembar.

"Shopee selalu memperhatikan para penjual dalam meningkatkan skill and knowledge menjadi lebih baik melalui beberapa aktivitas training/webinar. Membantu kami beradaptasi cepat pada situasi pandemi," ujar Delly.

Shopee juga mendorong dan mengarahkan Dobujack dalam mencapai target penjualan yang lebih tinggi, dengan salah satunya ikut berpartisipasi pada kampanye angka kembar di 10.10 Super Brands Festival.

"Spesialnya sepanjang kampanye, kami memberikan promo menarik mulai Serba 1.000, Serba 10.000 dan Serba 100.000 serta exclusive launching produk khusus di kampanye ini. Jadi, jangan lupa aktifkan fitur Ingatkan Diskon ya," katanya.

Berbagai persiapan telah dilakukan oleh Dobujack dalam kemeriahan 10.10 Brands Festival, terutama memaksimalkan jumlah stock, manpower, berbagai kampanye dan promo dari Shopee, dan beragam aktivasi serta kolaborasi bersama KOL dan influencer.

Baca juga: Kami. siap luncurkan koleksi fesyen pria mulai tahun ini
Bersama dengan mitra-mitra brand terpercaya yang akan turut memeriahkan kampanye ini, kampanye 10.10 Brands Festival ini memang secara khusus dihadirkan Shopee untuk berbagi kebahagiaan dalam memenuhi kebutuhan akhir tahun.

Berbagai penawaran menarik khusus hadirkan, seperti Gratis Ongkir Semua Toko, Setiap hari Super Brand Day, dan Jumbo Cashback s/d 4 JT yang dapat dimanfaatkan oleh seluruh pengguna setia Shopee Indonesia.
 
Situasi gudang dari jenama lokal Dobujack (ANTARA/Ho/dok.Pri)


Komitmen hadirkan koleksi produk berkualitas

Bicara mengenai industri fesyen memang seakan tidak pernah ada habisnya. Perubahan tren dari waktu ke waktu membuktikan bahwa pakaian tidak hanya sekadar pelindung tubuh, tetapi juga sebagai tanda perkembangan jaman.

Salah satu elemen industri fesyen yang paling menarik untuk dibahas adalah mengenai konsep baju atau kaos unisex. Berdasarkan kisah Delly, penjualan kaos Dobujack diawali dengan perbedaan antara kaos untuk model pria dan wanita.

Namun, dikarenakan produksi baju wanita cenderung lebih rumit dan perubahan tren yang cepat dibanding pakaian pria, hal ini yang melatarbelakangi Delly memilih fokus dan mengembangkan tren pakaian unisex melalui Dobujack.

Baca juga: Merek fesyen Indonesia akan tampil di Paris dan Belanda

Meski demikian, dalam menghasilkan produk unisex yang simpel, nyaman, dan difavoritkan tidak semudah yang dibayangkan. Kreativitas Delly dan tim pun selalu menjadi tantangan dalam menciptakan desain baru yang dapat menarik atensi konsumen.

Untuk dapat mengikuti perkembangan tren, harus diimbangi dengan melakukan riset pasar secara berkala, dan quality control yang baik. Karena itu, konsistensi inilah yang mewujudkan koleksi-koleksi Dobujack menjadi produk penjualan terbaik hingga masuk nominasi Shopee Super Award 2021, kategori Super Favorite Local Brand.

Selain itu, Dobujack juga masuk kategori penjualan bulanan tertinggi urutan keempat dalam kategori Men Fashion, penjualan produk terlaris no.1 di Coach Jacket serta masuk Top Ten produk terlaris kategori long sleeve, t-shirt dan hoodie.

Delly berharap produk-produk fesyen lokal khususnya Dobujack, tidak hanya dikenal di Indonesia saja tapi bisa sampai mancanegara sehingga bisa membuka lapangan pekerjaan yang lebih besar.

"Kehadiran Dobujack ini juga dapat menghidupi semakin banyak kepala keluarga seiring berkembangnya perusahaan, mendorong kreativitas anak muda dalam berekspresi, serta mampu mendorong perkembangan ekonomi Indonesia khususnya di bidang fesyen UMKM," kata Delly.

Delly berpesan agar para pelaku UMKM dapat selalu konsisten dalam menjalani bisnis dan menikmati prosesnya. Maka, hasilnya pun akan terlihat.

Baca juga: Memerdekakan industri fesyen lokal

Baca juga: Omzet Kattoen meroket 50 persen berkat digitalisasi UMKM

Baca juga: Intip variasi koleksi busana lebaran dari jenama lokal

Pewarta: Maria Cicilia Galuh Prayudhia
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2022