Tarakan (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara berharap pariwisata menjadi episentrum ekonomi dan memiliki efek ganda.

“Pariwisata menjadi episentrum (ekonomi). Semua hidup, bila ada acara otomatis ada penonton baik lokal maupun internasional. Mereka akan menginap di hotel mereka akan menggunakan transportasi, maka semua itu efek berganda ekonomi akan hidup,” kata Staf Ahli Bidang Ekonomi, Pembangunan, dan Hubungan antar Lembaga Provinsi Kaltara Ferdy Manurun Tanduklangi di Tanjung Selor, Bulungan, Kamis.

Baca juga: Anggota DPRD Nunukan dorong pemda maksimalkan pengelolaan pariwisata

Dengan Pariwisata daerah akan tumbuh perekonomian yang akan welfare state, yakni sebuah negara/daerah yang sejahtera dan yang menjadi tulang punggung pariwisata tersebut adalah masyarakat itu sendiri.

Bukan cuma pemerintah, tetapi masyarakat yang inovatif dan kreatif bagaimana menggabungkan potensi pariwisata yang ada di daerah Kaltara.

"Saya melihat ada 10 potensi wisata yang bagus di Provinsi Kaltara yaitu wisata budaya, alam, Kuliner, Bahari, religi,cagar alam, seni budaya,wisata olahraga, sejarah dan agrowisata," kata Ferdy.

Baca juga: Kaltara ditunjuk tuan rumah pemilihan Duta Wisata Indonesia

Sebelumnya telah dilaksanakan Grand Final Duta Pariwisata Kalimantan Utara (Kaltara) digelar di Ballroom Luminor Hotel, Rabu (5/10).

Dimana Duta Wisata yang terpilih nantinya tak hanya menjadi duta pariwisata, tapi juga duta Kaltara untuk mancanegara dan bersinergi dengan masyarakat membangun pariwisata Kaltara lebih baik.

Baca juga: Pesona wisata eks pemukiman transmigrasi di tengah rimba Kaltara

"Mempromosikan Kaltara kepada dunia luar sehingga dilirik oleh investor baik dalam maupun luar negeri untuk datang membangun Kaltara. Harus lebih giat mempelajari permasalahan yang ada di Kaltara dan memberikan solusi," kata Ferdy.

Diharapkan berjuang keras, pikul tanggungjawab, jaga mental, moralitas dan kepribadian sehingga bisa menjadi panutan bagi masyarakat khususnya generasi muda Kaltara.

Baca juga: Pesona wisata di tengah rimba Kaltara
Baca juga: Dukung jadi wisata andal, Pantai Amal Kota Tarakan-Kaltara dibenahi

Pewarta: Susylo Asmalyah
Editor: Tunggul Susilo
COPYRIGHT © ANTARA 2022