Kandahar, Afghanistan (ANTARA) - Pemerintah sementara yang dijalankan Taliban memulai proyek rekonstruksi sebuah jalan raya utama di Provinsi Kandahar, Afghanistan selatan, kata otoritas setempat.

Pada tahap pertama, jalan sepanjang 55 km yang menghubungkan Kandahar dengan provinsi tetangganya, Zabul, akan direkonstruksi, disusul rekonstruksi jalan raya yang menghubungkan Kandahar dengan Kabul dan Kandahar dengan Herat, kata Bakht Mohammad, yang terlibat dalam proyek rekonstruksi itu.
 
   Proyek tahap pertama akan selesai dalam lima bulan dengan dana yang disediakan oleh pemerintah, kata pejabat itu


Abdul Baqi, pejabat lain dalam proyek rekonstruksi tersebut, mengatakan kepada Xinhua bahwa rekonstruksi jalan raya Kandahar-Zabul membutuhkan dana sebesar 250 juta afghani (1 afghani = Rp168) atau 2,84 juta dolar AS (1 dolar AS = Rp15.246) dan dibiayai oleh Kementerian Pekerjaan Umum Afghanistan.

Jalan raya Kabul-Kandahar sepanjang 450 km yang dibangun dengan dukungan keuangan Amerika Serikat (AS) pada 2003 itu mengalami kerusakan parah selama kehadiran pasukan pimpinan AS di Afghanistan, yang berakhir pada akhir Agustus tahun lalu.

Pemerintah yang dijalankan Taliban berjanji akan membangun kembali semua infrastruktur nasional yang rusak atau hancur selama 20 tahun kehadiran pasukan pendudukan asing di negara yang dilanda perang itu, demikian Xinhua dikutip Senin.


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2022