Jakarta (ANTARA News) - Sejumlah jalan raya di Jakarta, Senin pagi, tetap mengalami kepadatan, meski kebijakan memajukan jam masuk sekolah menjadi pukul 06.30 WIB telah diberlakukan di berbagai sekolah di wilayah ibukota.

Berdasarkan pantauan di Jakarta, Senin, kemacetan tetap terjadi, antara lain di Jalan Ciputat Raya, di Jalan Ciledug Raya, dan di sejumlah jalan di kawasan Bintaro, Jakarta Selatan.

Selain itu, kepadatan arus lalu lintas juga terjadi di Jalan Casablanca dan Jalan TB Simatupang serta di ruas tol dalam kota di Jalan MT Haryono-Gatot Subroto.

Menurut seorang warga Jakarta Selatan, Didi, kemacetan di jalan raya ibukota lebih disebabkan oleh sikap para pengendara kendaraan umum yang tidak mematuhi peraturan lalu lintas, misalnya masih banyak angkot yang mengetem di pinggir jalan.

Sedangkan warga Ciledug, Suhadi, mengemukakan kemacetan juga disebabkan oleh banyaknya jumlah kendaraan di jalan raya.

Namun, seorang pengemudi angkot D 01 (Ciputat-Kebayoran Lama) mengaku bahwa jalan raya pada hari Senin pagi ini lebih lancar dibandingkan dari hari-hari biasa.

"Mungkin karena jam masuk anak-anak sekolah sekarang menjadi lebih pagi," katanya.

Sementara itu, seorang warga Ciputat, Wati, mengemukakan, waktu yang dibutuhkan dari rumah hingga ke tempat kerjanya bisa lebih cepat, yaitu dari waktu satu jam sekarang bisa menjadi 30 menit.

Sedangkan warga lainnya, Rahman, mengaku bahwa arus lalu lintas di jalan raya ibukota pada Senin ini, meski masih terasa padat, tingkat kemacetannya tidak "seganas" seperti hari-hari Senin sebelumnya. (*)

COPYRIGHT © ANTARA 2009