Solo (ANTARA) - Sebanyak sembilan Guru Besar Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mendaftarkan diri sebagai bakal calon rektor untuk masa bakti 2023-2028.

Ketua Tim Teknis Panitia Penjaringan dan Penyaringan Calon Rektor (P3CR) UNS Agus Riwanto di Solo, Jateng, Selasa mengatakan untuk pendaftaran sudah dibuka sejak 3 Oktober dan ditutup pada 10 Oktober 2022.

Ia mengatakan dari sembilan guru besar tersebut, tiga di antaranya masih menjabat sebagai wakil rektor, yakni Kuncoro Diharjo yang saat ini menjabat sebagai Wakil Rektor Riset dan Inovasi.

Kemudian Bandi sebagai Wakil Rektor Umum dan Sumber Daya Manusia, serta Sajidan yang menjabat sebagai Wakil Rektor Perencanaan Kerja Sama Bisnis dan Informasi UNS.

Selain itu, ada pula yang menjabat sebagai dekan, di antaranya Samanhudi sebagai Dekan Fakultas Pertanian UNS, Reviono sebagai Dekan Fakultas Kedokteran, dan I Gusti Ayu Ketut Rachmi Handayani sebagai Dekan Fakultas Hukum UNS.

Selanjutnya, nama lain yang juga mendaftar yakni Direktur Rumah Sakit UNS Hartono, Wakil Dekan Akademik, Riset dan Kemahasiswaan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNS Venty Suryanti, dan Direktur Direktorat Kerja Sama, Pengembangan dan Internasionalisasi UNS Irwan Trinugroho.

Baca juga: Mahasiswa UNS ciptakan alternatif sumber energi berbasis biomassa

Baca juga: UNS peringati dua tahun status perguruan tinggi negeri berbadan hukum


"Hingga batas akhir waktu pendaftaran, ada sembilan pendaftar. Para pendaftar ini kami beri waktu untuk mengumpulkan berkas pendaftaran hingga Selasa (11/10) pukul 19.00 WIB," katanya.

Usai pengumpulan berkas, dikatakannya, tahapan selanjutnya yaitu panitia melakukan verifikasi kelengkapan persyaratan pendaftar bakal calon Rektor UNS pada 12-14 Oktober 2022.

"Bagi bakal calon Rektor UNS yang lolos tahap verifikasi diberikan kesempatan untuk memaparkan visi dan misinya dalam panel 1 pada 16-17 Oktober 2022.

Setelah itu, Majelis Wali Amanat (MWA) UNS akan menetapkan tiga calon Rektor UNS pada 20 Oktober 2022," katanya.

Selanjutnya, setelah ditetapkan tiga calon Rektor UNS, mereka diberikan kesempatan untuk memaparkan visi dan misinya dalam panel 2 pada 27-28 Oktober 2022.

"Jika sudah, MWA akan menggelar rapat pleno dengan agenda pemilihan Rektor UNS pada 11 November 2022. Lalu untuk pelantikan dan pengambilan sumpah Rektor UNS terpilih dijadwalkan pada 10-11 April 2023," katanya.

Baca juga: Rektor UNS minta penggantinya tingkatkan prestasi

Baca juga: UNS siap gelar pemilihan rektor

Pewarta: Aris Wasita
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2022