Jakarta (ANTARA) - Pelaksana Tugas (Plt) Direktur SMP Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) I Nyoman Rudi Kurniawan meminta guru untuk memaksimalkan pemanfaatan fitur Perangkat Ajar pada Platform Merdeka Mengajar dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran Kurikulum Merdeka.

"Saya meminta ibu dan bapak guru untuk memanfaatkan semaksimal mungkin platform Merdeka Mengajar khususnya pada fitur Perangkat Ajar," kata Rudi dalam webinar Pemanfaatan Fitur Perangkat Ajar pada Platform Merdeka Mengajar yang diikuti di Jakarta, Selasa.

Baca juga: Kemendikbudristek: Platform Merdeka Mengajar bantu guru mengajar

Rudi menjelaskan, Perangkat Ajar merupakan fitur berisi sekumpulan referensi atau inspirasi materi pembelajaran yang dapat diakses oleh para guru melalui platform Merdeka Mengajar. Perangkat Ajar dapat berupa bahan ajar, modul ajar, modul proyek, hingga buku teks.

"Dengan Perangkat Ajar ini tentu para pengguna, kita semua dapat dengan mudah menemukan inspirasi materi pengajaran yang sesuai dengan mata pelajaran. Tentu ini adalah suatu hal yang baik," ujar Rudi.

Ia menambahkan, setiap Perangkat Ajar dilengkapi alur dan capaian pembelajaran yang disusun sesuai dengan domain dan fase tertentu. Sehingga hal tersebut, kata Rudi, memudahkan guru dalam menavigasi proses pembelajaran yang sesuai dengan prinsip yang ada pada Kurikulum Merdeka.

Baca juga: Platform Merdeka Mengajar sediakan referensi bagi guru dalam mengajar

Menurut dia, Perangkat Ajar memiliki sistematika penulisan berdasarkan Panduan Pembelajaran dan Asesmen. Komponen dalam Perangkat Ajar ditentukan oleh pendidik berdasarkan kebutuhannya.

Untuk mendorong para guru untuk dapat memaksimalkan pemanfaatan Perangkat Ajar, Kemendikbudristek pada Selasa menggelar webinar Pemanfaatan Fitur Perangkat Ajar pada Platform Merdeka Mengajar, yang disiarkan secara langsung melalui kanal YouTube Direktorat SMP. Adapun pematerinya adalah Barry Mikhael Cavin dari Tim Ahli Teknologi Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbudristek.

Rudi berharap webinar tersebut dapat meningkatkan keaktifan para guru dalam memanfaatkan platform Merdeka Mengajar khususnya fitur Perangkat Ajar, serta meningkatkan kemampuan diri para guru dalam mempersiapkan bahan ajar yang menarik bagi siswa.

Baca juga: Kemendikbudristek: Kurikulum Merdeka kembalikan siswa pada kodratnya

"Mari kita sama-sama tingkatkan keaktifan kita dalam memanfaatkan platform Merdeka Belajar dan tentu kami berharap bapak dan ibu guru semua dapat meningkatkan kemampuan diri dalam mempersiapkan bahan ajar, juga meningkatkan kemanfaatan platform Merdeka Mengajar," kata Rudi.

Pewarta: Suci Nurhaliza
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2022