Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan (Pemkot Jaksel) dan PT Kereta Api Indonesia (KAI) berkolaborasi membangun ruang interaksi antarwarga.

"Ini tentu menjadi perhatian kita dengan berkolaborasi pada PT KAI. Apakah dimungkinkan fasilitas yang dimiliki bisa menjadi bagian ruang-ruang interaksi untuk masyarakat," kata Pelaksana Tugas (Plt.) Wakil Wali Kota Administrasi Jakarta Selatan, Ali Murthadho saat ditemui di Jakarta, Selasa.

Baca juga: Pemkot Jaksel manfaatkan ruang hijau baru untuk interaksi warga

Ali menilai Kelurahan Manggarai memiliki 151 Rukun Tetangga (RT) dan 12 Rukun Warga (RW) dengan luas wilayah 85 hektar yang 60 persen merupakan wilayah milik KAI atau kebanyakan terisi dengan rel kereta api.

Dengan padatnya lahan tersebut, Ali berharap langkah kolaborasi untuk membuat ruang interaksi itu agar para pemuda bisa berkumpul menikmati sarana dan prasarana yang ada.

Ke depannya, Ali ingin terus menambahkan ruang interaksi di Kelurahan Manggarai yang berfungsi sebagai tempat berkumpul maupun ruang terbuka hijau mengurangi emisi karbon.

"Fasilitas ruang interaksi yang ada ini cukup minim kalaupun ada itu jauh sekali ada di wilayah kelurahan lain," tuturnya.

Baca juga: RPTRA Vlaboean Klender diharapkan jadi ruang interaksi warga

Sementara itu, Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan memanfaatkan ruang hijau baru sebagai sarana interaksi antar warga di luar ruangan, termasuk untuk tempat resapan air sehingga berkontribusi terhadap upaya mencegah banjir.

"Tujuan pembangunan taman baru yakni menyediakan ruang interaksi dan mengakomodir kebutuhan kegiatan 'outdoor' bagi warga sekitar," kata Kepala Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Selatan Elly Sugestianingsih saat dihubungi di Jakarta.

Selain sebagai ruang interaksi, Elly menambahkan keenam taman baru dibangun dan diharapkan selesai pada 2023 ini bisa menjadi ruang resapan air.

Baca juga: Integrasi transportasi di JIS membuka ruang interaksi publik

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Taufik Ridwan
COPYRIGHT © ANTARA 2022