Jakarta (ANTARA) - Menteri BUMN Erick Thohir meminta seluruh insan BUMN untuk menempatkan pelanggan sebagai pertimbangan utama dalam setiap keputusan bisnis.

"Seluruh insan BUMN harus menempatkan pelanggan sebagai vocal point atau pertimbangan utama dalam setiap keputusan bisnis," ujar Erick dalam sambutannya melalui video yang ditayangkan dalam acara Telkom CX Summit 2022 yang diikuti secara virtual, Rabu.

Menurut Erick hal itu penting karena tanpa adanya loyalitas pelanggan, bisnis apa pun akan sulit berjalan secara berkelanjutan, tidak terkecuali BUMN.

Baca juga: BUMN energi-farmasi-minerba penyumbang peningkatan pendapatan 2021

Pandemi COVID-19 telah memberikan perubahan pada gaya hidup masyarakat sehingga menuntut perusahaan untuk beradaptasi dengan cepat.

Erick mengatakan perusahaan yang mampu menawarkan solusi yang tepat dan cepat, kemudahan untuk dijangkau, serta komunikasi yang mampu menciptakan kepercayaan dari pelanggan cenderung lebih mampu bertahan di tengah ketatnya kompetisi pascadisrupsi akibat pandemi COVID-19.

Dia menilai budaya kerja yang mumpuni serta karakterisasi yang progresif dapat menjadi fondasi bagi BUMN dalam membuat keputusan bisnis yang berpusat pada pengalaman pelanggan.

Erick pun meminta kepada para BUMN untuk menjadikan pelanggan sebagai inspirasi dalam berinovasi dan beradaptasi.

Dengan demikian, kata dia, bisnis yang dijalankan bukan hanya berfokus pada kompetisi, tetapi juga pada kepuasan pelanggan melalui penerapan kerangka berpikir yang benar serta meningkatkan kapasitas talenta BUMN.

Baca juga: Erick Thohir: Masa depan BUMN ditentukan oleh pemimpin muda

"Saya optimis Indonesia bisa mewujudkan visi sebagai service country pada tahun 2045 dengan perusahaan-perusahaan yang memiliki daya saing global, bench marking global," kata dia.

Secara khusus, Erick turut meminta kepada Telkom Group untuk bersama-sama mewujudkan cita-cita tersebut dengan menempatkan pelanggan sebagai sumber inspirasi dari berbagai bentuk adaptasi serta inovasi perusahaan.

"Semoga agenda Telkom Customer Experience (CX) Summit tahun ini dapat berjalan lancar dan produktif," kata dia.

Baca juga: Erick: Indonesia harus bisa produksi bioetanol atasi importasi BBM

Baca juga: Kemendikbudristek-Kementerian BUMN luncurkan KeRIS BUMN

Baca juga: Wamen BUMN proyeksikan RI jadi ekonomi digital terbesar ASEAN 2030

Pewarta: Fathur Rochman
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2022