Jakarta (ANTARA) - Wakil Wali Kota Jakarta Utara Juaini mengajak masyarakat donor darah secara rutin di Palang Merah Indonesia (PMI) atau mendatangi sentra donor di lingkungan tempat tinggal, kerja, atau Mal Pluit Village pada 12 November.

Kegiatan donor darah di Mal Pluit Village, Penjaringan, Jakarta Utara dalam rangka memperingati Hari Pahlawan pada 10 November dengan menargetkan peserta sebanyak 1.300 orang.

Baca juga: Jakarta Utara sumbang lebih dari 4.000 kantong darah ke PMI DKI

"Selain menambah kebutuhan stok darah di PMI, harapan lainnya tentu masyarakat rutin melakukan donor darah. Donor darah di Jakarta Utara bisa dilakukan di mana saja," ujar Juaini di Kantor Wali Kota Jakarta Utara, Rabu.

Rencananya, kegiatan donor darah akan digabung dengan pembagian sembako pada pukul 10.00-15.00 WIB di Aula Pernikahan (Wedding Hall) Mal Pluit Village, Sabtu (12/11) mendatang.

Juaini mengatakan Pemerintah Kota Jakarta Utara sangat mendukung kegiatan donor darah ini karena banyak manfaatnya.

Pertama, membantu kesiapan stok darah Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi DKI Jakarta.

Baca juga: PMI Jakarta Utara suplai 100-200 kantong darah untuk DKI

Kedua, manfaat kesehatan bagi pendonor, seperti mengurangi risiko penyakit jantung, membakar kalori sampai dengan meningkatkan produksi darah atau lainnya.

Ketua Panitia Donor Darah Kusyanto mengatakan kegiatan itu terbuka untuk umum. Masyarakat Jakarta Utara yang ingin berpartisipasi, beramal, dan menyumbangkan darahnya bisa datang langsung mendaftarkan diri di Mal Pluit Village.

"Selain masyarakat umum, kegiatan akan melibatkan anggota petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) dan Satgas COVID-19 di Jakarta Utara. Targetnya sebanyak 1.200-1.300 pendonor," kata Kusyanto.

Baca juga: Jusuf Kalla hadiri gerakan donor darah di Jakarta Utara

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Taufik Ridwan
COPYRIGHT © ANTARA 2022