Singapura (ANTARA) - Yen merosot ke dekat level terendah baru 24 tahun di sesi Asia pada Kamis sore, sementara sterling memangkas beberapa kenaikan semalam karena investor gelisah menunggu tenggat waktu yang akan datang untuk berakhirnya program pembelian obligasi darurat bank sentral Inggris (BoE).

Investor juga gelisah dalam perdagangan Asia menjelang pembacaan inflasi utama di AS di kemudian hari untuk kemungkinan petunjuk tentang seberapa tinggi Federal Reserve akan mendorong suku bunga acuannya.

Yen mencapai titik terendah 146,98 per dolar semalam dan terakhir diperdagangkan di 146,87.

Ini sedikit jauh dari terendah Agustus 1998 di 147,64 per dolar, dan melewati terendah bulan lalu di 145,90 per dolar yang mendorong otoritas Jepang melakukan intervensi untuk membeli yen.

"Yen telah kehilangan daya tarik safe haven," kata Rodrigo Catril, ahli strategi mata uang senior di National Australia Bank.

"Ada rasa kehati-hatian di sekitar tertinggi sebelumnya (untuk dolar/yen) ... sekarang mereka telah menembusnya, dan karena itu rasanya Anda memiliki sedikit lebih banyak ruang untuk melanjutkan, karena belum ada intervensi apa pun."

Sterling turun 0,13 persen menjadi 1,10845 dolar, menyusul rebound 1,25 persen di sesi sebelumnya setelah Financial Times melaporkan bahwa BoE telah memberi isyarat secara pribadi kepada pemberi pinjaman bahwa pihaknya siap untuk memperpanjang program pembelian obligasi darurat melampaui batas waktu Jumat (14/11/2022) jika kondisi pasar menuntutnya.

Namun, bank sentral kemudian menegaskan kembali bahwa program pembelian obligasi pemerintah sementara akan berakhir pada 14 Oktober.

Pada saat yang sama, pemerintah baru Inggris mengatakan pada Rabu (12/10) bahwa mereka tidak akan membalikkan pemotongan pajak yang besar atau mengurangi pengeluaran publik - sebuah rencana yang telah mendatangkan malapetaka di pasar keuangan negara itu.

Skema dana pensiun Inggris berlomba untuk mengumpulkan ratusan miliar pound guna menopang posisi derivatif sebelum batas waktu BoE pada Jumat (14/10/2022).

Di tempat lain, euro naik 0,02 persen menjadi 0,97035 dolar, sementara mata uang antipodean mengalami kerugian setelah jatuh ke posisi terendah baru multi-tahun awal pekan ini.

Aussie naik tipis 0,02 persen pada 0,6279 dolar AS setelah meluncur ke level terendah 2,5 tahun di 0,62355 dolar AS di sesi sebelumnya.

Kiwi naik 0,10 persen menjadi 0,5613 dolar AS, tidak jauh dari palung 0,5536 dolar AS yang dicapai pada Selasa (11/10), level terendah sejak Maret 2020.

Inflasi inti di AS diproyeksikan naik 6,5 persen tahun-ke-tahun pada September. Semalam, data menunjukkan bahwa harga produsen AS meningkat lebih dari yang diharapkan bulan lalu.

Indeks dolar AS menguat ke 113,29.

"Dalam beberapa hal, IHK AS masih melihat ke belakang di kaca spion. Anda perlu melihat bagian-bagian komponen dan melihat apakah ada momentum menarik yang dapat disimpulkan," kata Saktiandi Supaat, kepala penelitian dan strategi regional valas di Maybank.

Risalah dari pertemuan kebijakan Federal Reserve bulan lalu menunjukkan bahwa para pejabat setuju bahwa mereka perlu menaikkan suku bunga ke tingkat yang lebih ketat - dan kemudian mempertahankannya di sana untuk beberapa waktu - untuk memenuhi tujuan mereka menurunkan inflasi "berbasis luas dan sangat tinggi", sekalipun risalah berisi isyarat penurunan dalam laju pengetatan moneter di masa depan.

 

Pewarta: Apep Suhendar
Editor: Ahmad Buchori
COPYRIGHT © ANTARA 2022