Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Timur (Pemkot Jaktim) membangun lima sumur resapan untuk antisipasi banjir di Jalan Remaja I, Gang Cuntel RT 006/RW 03, Kelurahan Gedong, Kecamatan Pasar Rebo.

Lurah Gedong, Nunung Siti Cholimah, di Jakarta, Kamis, mengatakan pembangunan sumur resapan itu mengerahkan petugas penanganan prasarana dan sarana umum (PPSU).

“Ya, kita buat lima titik di wilayah RW 03 Kelurahan Gedong sebagai pengendali genangan saat datangnya hujan," kata Nunung.

Nunung menambahkan pembangunan lima titik sumur resapan itu dibuat dengan kedalaman 20 meter.

Dia mengatakan keberadaan sumur resapan tersebut telah dirasakan manfaatnya sebagai pengendali meminimalisir air genangan saat hujan deras.

Baca juga: Jakarta Timur bangun 3.000 sumur resapan untuk antisipasi banjir

"Alhamdulillah, saat hujan deras air dapat surut dengan cepat, hingga tidak terjadi genangan," ujar Nunung.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Jakarta Timur menargetkan membangun sebanyak 2.000 sumur resapan di 10 kecamatan di daerah tersebut pada 2022.

Wali Kota Jakarta Timur Muhammad Anwar mengatakan, sampai saat ini sudah 1.500 lebih sumur resapan yang telah dibuat dan tersebar di 10 kecamatan dan 65 kelurahan.

Pembuatan sumur resapan itu menyesuaikan kontur tanah di masing-masing wilayah agar tercipta gravitasi air dan daya serapnya tinggi.

Anwar menambahkan, pembangunan sumur resapan itu termasuk program prioritas Pemerintah Kota Jakarta Timur (Jaktim) dalam penanganan banjir.

Baca juga: Wagub DKI sebut sumur resapan berperan penting tanggulangi banjir

Dia mengatakan pembuatan sumur resapan disesuaikan dengan kondisi lingkungan tersebut. Apabila dirasa membutuhkan banyak sumur resapan maka akan dibuat lebih banyak.

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2022