Jakarta (ANTARA) - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) meningkatkan akses pelayanan kesehatan mata melalui program Vision Center di seluruh Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKKTP).

"Program Vision Center di FKTP diharapkan meningkatkan akses layanan kesehatan mata yang berkualitas bagi masyarakat mulai dari deteksi dini sampai tindak lanjut sesuai indikasi," kata Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono dalam webinar Hari Penglihatan Sedunia yang diikuti secara daring di Jakarta, Kamis.

Dante juga menekankan tiga hal penting untuk meningkatkan pelayanan kesehatan mata yaitu pelayanan yang terjangkau, tersedia dan mudah diakses oleh masyarakat, serta meningkatkan integrasi pelayanan kesehatan mata di setiap fasilitas kesehatan primer.

Baca juga: Pentingnya periksa kesehatan mata sejak dini

Menurut dia, menjaga kesehatan mata akan lebih baik jika dimulai sedini mungkin yaitu pada usia anak dua hingga 18 tahun. Hal ini karena perkembangan mata anak pada usia tersebut sangat pesat.

"Oleh karena itu penting bagi kita semua untuk menjaga asupan gizi seimbang bagi anak supaya menjaga kesehatan matanya," ucap Dante.

Pakar diabetes molukuler ini juga memberikan saran yang mudah dilakukan untuk menjaga kesehatan mata dengan segera memeriksakan mata dan jangan menunggu ada keluhan gangguan penglihatan agar tidak terjadi kebutaan permanen.

Baca juga: Dokter sarankan pengaturan waktu tatap layar untuk cegah gangguan mata

"Pemeriksaan mata menjadi penting sebagai bentuk deteksi dini agar kelainan mata yang ditemukan dapat segera dikoreksi dan tidak terjadi kebutaan permanen," ucapnya.

Selain itu juga membatasi penggunaan gawai dengan metode 20-20-20 yaitu berhenti setiap 20 menit dengan melihat jarak 20 kaki atau enam meter selama 20 detik, serta hindari paparan sinar matahari secara langsung juga menjadi solusi menghindari kerusakan mata.

Baca juga: Dokter: Hari Penglihatan Sedunia pengingat untuk cintai kesehatan mata

"Paparan sinar matahari yang berlebihan bisa meningkatkan risiko gangguan penglihatan. Oleh karena itu hindari melihat sinar matahari secara langsung dengan menggunakan topi alat pelindung mata lainnya ketika berada di luar," ucap Dante.

Pewarta: Fitra Ashari
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2022