Jakarta (ANTARA) - Pekerjaan pemasangan seluruh box girder (struktur penyangga dalam suatu konstruksi) di sepanjang jalur Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) rampung pada Minggu (16/10), yang berarti jalur peletakan rel sudah tersambung sepenuhnya.

Hal tersebut dinilai meletakkan fondasi yang solid bagi penyelesaian KCJB dan pembukaannya untuk operasional lalu lintas pada Juni 2023 mendatang.

Jalur KCJB memiliki total panjang 142 km, dengan 3 casting yard (tempat untuk memproduksi beton), yakni No.1, No.2 dan No.4, yang bertanggung jawab untuk pemasangan 2.558 box girder.
 
(Xinhua)  


Saat ini, seluruh 13 terowongan di sepanjang jalur KCJB telah rampung dibangun. Lebih dari 92 persen pekerjaan sipil tanah dasar, jembatan, dan stasiun telah selesai.

Sebelumnya, sebanyak satu kereta penumpang listrik cepat dan satu kereta inspeksi yang dirancang untuk proyek ini tiba di Indonesia pada tanggal 1 September 2022 lalu.

Dengan kecepatan yang dirancang hingga 350 kilometer per jam, KCJB yang dibangun dengan teknologi China ini akan memangkas waktu tempuh antara Jakarta dan Bandung, ibu kota Provinsi Jawa Barat, dari tiga jam lebih menjadi hanya sekitar 40 menit.
 

Pewarta: Xinhua
Editor: M Razi Rahman
COPYRIGHT © ANTARA 2022