Bengaluru (ANTARA) - Saham-saham Eropa menguat pada awal perdagangan Selasa, memperpanjang keuntungan sesi sebelumnya, didorong oleh pembalikan bersejarah dari rencana fiskal Inggris, dengan investor mengawasi laporan pendapatan untuk mengukur prospek ekonomi.

Indeks STOXX 600 di seluruh wilayah terangkat 0,5 persen pada pukul 07.05 pagi GMT, memperpanjang kenaikan untuk sesi keempat berturut-turut, dipimpin oleh saham teknologi, dengan saham pembuat chip seperti ASML Holdings dan BE Semiconductor naik antara 0,9 persen dan 3,0 persen.

Juga, sentimen pasar terangkat oleh laporan bahwa Bank Sentral Inggris (BoE) kemungkinan akan menunda penjualan miliaran pound obligasi pemerintah untuk mendorong lebih banyak stabilitas di pasar obligasi yang babak belur.

Baca juga: Saham Eropa naik, ditopang sektor energi dan rencana fiskal Inggris

Dengan bank sentral secara agresif memperketat kebijakan moneter dalam menghadapi inflasi yang tinggi selama beberapa dekade dan meningkatnya risiko resesi di Eropa karena krisis energi, pasar menguraikan perkiraan dari perusahaan untuk mengukur dampak tekanan makro.

Publicis Groupe Prancis melonjak 3,8 persen setelah grup periklanan terbesar ketiga di dunia itu menaikkan prospek setahun penuh untuk kedua kalinya tahun ini.

Saham pembuat obat Swiss Roche merosot 1,5 persen karena penjualan kuartalannya menurun akibat kemerosotan dalam perawatan dan pengujian diagnostik COVID-19.

Rio Tinto tergelincir 0,3 persen setelah memproyeksikan pengiriman bijih besi tahunan di ujung bawah perkiraannya di tengah permintaan global yang lemah.

Baca juga: Saham Inggris berakhir positif, Indeks FTSE 100 terkerek 0,90 persen
Baca juga: Saham Jerman ditutup naik tajam, Indeks DAX 40 melonjak 211,22 poin
Baca juga: Saham Prancis perpanjang keuntungan, Indeks CAC 40 naik 1,83 persen


 

Pewarta: Apep Suhendar
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2022