Jakarta (ANTARA) - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mengapresiasi komitmen Tokopedia dalam menghadirkan gudang pintar Dilayani Tokopedia terbaru di wilayah Osowilangun, Surabaya, Jawa Timur.

"Kehadiran gudang pintar Dilayani Tokopedia di Jawa Timur, selain mempermudah UMKM menjangkau pasar lebih luas, juga bisa membuka peluang kerja bagi masyarakat Jawa Timur," ucap Khofifah Indar Parawansa di Surabaya, Jawa Timur, Kamis.

Baca juga: Alasan Tokopedia hadirkan Gudang Pintar yang kedua di Surabaya

Dengan hadirnya fasilitas Gudang Pintar terbaru yang ada di Surabaya, pihaknya berharap akan dapat memberikan manfaat bagi wilayah Jawa Timur dalam meningkatkan dan juga memperkuat sektor ekonomi yang jauh lebih baik

"Nah tentu saya berharap bahwa penguatan dari sektor perdagangan di Jawa Timur akan bisa meningkat lebih signifikan lagi dengan adanya Gudang Pintar terbaru ini dan bisa dimanfaatkan oleh para pelaku UKM yang ada di Jawa Timur," kata dia.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia, Astri Wahyuni menyatakan bahwa fasilitas terbaru ini adalah yang terbesar yang ada di Surabaya.

Baca juga: Lumosh Fine Ceramic jelaskan manfaat "Dilayani Tokopedia"

"Yang pasti ini adalah gudang terbesar yang ada di Surabaya. Kita sudah ada di enam wilayah, ada di Jakarta, Bandung, Medan, Makasar, Palembang dan juga Surabaya. Untuk yang di Surabaya, ini adalah fasilitas kita yang paling besar," jelas Astri Wahyuni di lokasi yang sama.

Dia juga menegaskan bahwa dengan luas sekitar 15.000 meter persegi, Gudang Pintar ini ditaksir dapat menampung berbagai produk yang dititipkan oleh para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) hingga tiga juta.

"Setelah kita operasikan kemarin, kita lihat ada peningkatan transaksi dari Surabaya yang keluar itu meningkat 2 kali lipat dan dari luar yang nitip disini itu naik 1 setengah kaki lipat," ujar dia.

Dengan hadirnya Gudang Pintar di Surabaya ini, dia berharap bisa semakin dimanfaatkan oleh para pelaku usaha UMKM di kawasan Jawa Timur. Dengan menitipkan barang di gudang Pintar ini, menurut dia akan banyak memberikan manfaat dan efisiensi bagi pelaku usaha itu sendiri.

Untuk diketahui bersama, Dilayani Tokopedia merupakan gudang pintar penyedia layanan pemenuhan pesanan yang memungkinkan penjual termasuk UMKM–di seluruh Indonesia–menitipkan produk di wilayah-wilayah dengan permintaan tinggi, termasuk Surabaya.

Layanan ini juga memungkinkan masyarakat mendapatkan beragam produk kebutuhan dengan lebih cepat dan ongkir lebih murah bahkan Rp0. Sebelumnya, Gudang Pintar juga sudah hadir di daerah Rungkut, Surabaya, Jawa Timur.


Baca juga: Fenomena pegawai kota besar banting setir jadi petani di desa

Baca juga: Initial Coffee Roaster hidupkan ribuan petani kopi lokal

Baca juga: Lima tips padu padan fesyen masuki musim hujan ala Leona Agustine

Pewarta: Chairul Rohman
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2022