Beijing (ANTARA) - Perdana Menteri (PM) China Li Keqiang menandatangani dekret Dewan Negara yang mengenalkan regulasi tentang upaya memajukan perkembangan bisnis wiraswasta.

Regulasi tersebut mulai berlaku pada 1 November 2022 dengan menetapkan kebijakan preferensial secara spesifik di sejumlah area, termasuk mengoptimalkan lingkungan bisnis serta melindungi hak dan kepentingan yang sah dari bisnis wiraswasta.

Regulasi tersebut menjelaskan peran bisnis wiraswasta dalam ekonomi pasar sosialis dan prinsip-prinsip dasar untuk mendukung perkembangannya.

Selain itu, peraturan tersebut juga menyederhanakan prosedur administrasi dan meningkatkan kualitas lingkungan bisnis guna menciptakan kondisi menguntungkan bagi perkembangan yang sehat dari bisnis wiraswasta.

Regulasi itu juga mengatur mekanisme kerja untuk mendorong perkembangan bisnis wiraswasta di negeri tirai bambu.

Dukungan terhadap berbagai bisnis di sejumlah area tersebut meliputi pendaftaran entitas pasar, layanan pelaporan tahunan, penyediaan tempat usaha serta modal, perpajakan, keuangan, jaminan sosial, kewiraswastaan, dan ketenagakerjaan. Hal itu akan disediakan oleh Pemerintah China dan departemen terkait.

China juga memperkuat perlindungan terhadap hak dan kepentingan yang sah dari bisnis wiraswasta, demikian menurut peraturan itu.

Pewarta: Xinhua
Editor: Fransiska Ninditya
COPYRIGHT © ANTARA 2022