Jakarta (ANTARA) - Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) meluncurkan buku berjudul "Road to Poland" yang mengulas Polandia sebagai gerbang ekspor Indonesia menuju Eropa Tengah dan Timur.

Peluncuran ini dilakukan dalam acara Indonesia Central and Eastern Europe (INACEE) Business Forum 2022 pada 19 Oktober 2022 dengan tema "Connecting Businesses".

"Ini merupakan salah satu wujud adaptasi dalam mencari solusi guna mengatasi tantangan dunia saat ini," kata Kepala Divisi Indonesia Eximbank Institute (IEB Institute) LPEI Rini Satriani dalam keterangan resmi di Jakarta, Rabu.

Buku ini mengulas daya saing produk ekspor unggulan Indonesia ke Polandia termasuk potensi pengembangan ekspor dan kerja sama atau peluang bisnis yang dapat ditingkatkan di antara kedua negara.

Rini mengatakan buku disusun oleh LPEI bersama Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Warsawa ini dalam rangka meningkatkan kerja sama bilateral, kolaborasi perekonomian, perdagangan dan investasi antara Indonesia dengan negara mitra khususnya di kawasan Eropa Tengah dan Timur.

Seperti yang diketahui bahwa Kawasan Eropa Tengah dan Timur merupakan pasar potensial produk ekspor Indonesia karena berpenduduk lebih dari 410 juta jiwa dan berpendapatan per kapita rata-rata di atas 10 ribu dolar AS.

Hal itu menyebabkan Kawasan Eropa Tengah dan Timur berpotensi menjadi tujuan ekspor dan pintu masuk produk Indonesia ke Uni Eropa, Eropa Barat dan Selatan serta Asia Tengah.

Sepanjang 2021 saja, nilai ekspor Indonesia mencapai 1,78 miliar dolar AS ke kawasan tersebut dengan Polandia menjadi tujuan ekspor tertinggi.

Polandia merupakan tujuan ekspor terbesar Indonesia untuk Kawasan Eropa Tengah dan Timur dengan total nilai ekspor pada 2021 sebesar 654,6 juta dolar AS atau naik 48,40 persen (yoy).

Beberapa produk Indonesia yang diminati di Polandia antara lain mi instan, permen kopi, batik, furnitur, kopi dan sawit.

Rini mengatakan memasuki pasar baru merupakan tantangan bagi eksportir sehingga peluang dan risiko negara tujuan ekspor harus diidentifikasi secara komprehensif.

Buku "Road to Poland" turut mengulas peluang, perkembangan dan proyeksi ekonomi Polandia di tengah dinamika perkembangan perdagangan global termasuk dengan Indonesia.

Oleh sebab itu, buku ini dapat menjadi referensi dan panduan awal bagi eksportir dalam memasuki pasar Eropa Tengah dan Timur yang saat ini memiliki pendapatan domestik bruto (PDB) di atas empat triliun dolar AS khususnya ke Polandia.

Baca juga: LPEI: TEI Ke-37 ajang UMKM mitra binaan perluas akses pasar ekspor
Baca juga: LPEI dan IPB berkolaborasi perkuat ekosistem ekspor berkelanjutan
Baca juga: LPEI salurkan pembiayaan kepada 224 UMKM ekspor per Agustus

Pewarta: Astrid Faidlatul Habibah
Editor: Kelik Dewanto
COPYRIGHT © ANTARA 2022