Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Pusat menggelar pemeriksaan katarak bagi warga lanjut usia (lansia) guna untuk mengurangi angka kebutaan di Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) Lansia Pusaka 78 RW 04, Jalan Mutiara, Kecamatan Tanah Abang.

"Kegiatan ini berguna untuk mengurangi angka kebutaan pada lansia karena katarak," kata Sekretaris Kelurahan Karet Tengsin, Ani Purnama di Jakarta, Rabu.

Ani mengatakan, pemeriksaan mata ini ini diikuti sebanyak 20 lansia. "Pemeriksaan katarak diikuti sebanyak 20 warga lansia RW 04 Karet Tengsin," katanya.

Kegiatan ini dilakukan secara gratis. "Hari ini yang mengikuti pemeriksaan mata secara gratis alias tidak dipungut biaya," ujarnya.

Baca juga: Operasi katarak tidak lagi menakutkan
Baca juga: Kacamata antiultraviolet perlambat katarak

Menurut dia, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi para lansia karena memudahkan dan tidak perlu jauh ke rumah sakit.

"Pelayanan ini mendekatkan kepada para lansia, karena mereka tidak harus ke rumah sakit yang lumayan jauh dan antre. Jaraknya juga tak jauh menuju ke Posyandu," katanya.

Menurut Ani, adanya pemeriksaan di Posyandu sangat bermanfaat bagi para lansia dari segi kesehatan serta membantu warga yang susah karena tidak dikenakan biaya.

Ia juga berharap agar para lansia dapat memeriksakan mata serta kesehatan lainnya secara rutin.

Dalam program ini, ketika hasil dari pemeriksaan terdapat katarak di mata maka akan ditindaklanjuti untuk operasi dengan fasilitas pembiayaan BPJS Kesehatan.
 

Pewarta: Ulfa Jainita
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2022