Jakarta (ANTARA) - Duta Besar China untuk Indonesia Lu Kang menyoroti fokus perusahaan China di Indonesia pada upaya memperkuat pembinaan bagi karyawan Indonesia dalam melaksanakan tanggung jawab sosial mereka.

"Selama bertahun-tahun, perusahaan modal China telah melakukan upaya untuk memperkuat pembinaan terhadap karyawan Indonesia, serta mempercepat proses transfer pengetahuan dan teknologi," kata Lu Kang dalam Peluncuran Laporan Kegiatan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan China di Indonesia dari China Chamber of Commerce in Indonesia (CCCI), Jakarta, Jumat.

Transfer pengetahuan, kata Lu Kang, sangat penting untuk dilakukan karena bermanfaat dalam menciptakan lebih banyak lapangan kerja dan meningkatkan pendapatan tenaga kerja Indonesia sehingga pekerja Indonesia memiliki pengetahuan dan keahlian yang semakin luas.

Dalam upaya meningkatkan pembinaan bagi karyawan Indonesia, Lu Kang menyampaikan laporan CCCI yang menyebutkan bahwa ada sekitar 50 persen perusahaan China di Indonesia yang mengirim karyawan Indonesia untuk mengikuti pelatihan di China.

Baca juga: Luhut ungkap andil China dalam ekonomi Indonesia

Kemudian, ada juga 37,1 persen perusahaan China di Indonesia yang menyelenggarakan proyek kerja sama dengan perusahaan dan lembaga pendidikan setempat.

Menurut laporan hasil survei kuesioner CCCI tersebut, 91,4 persen perusahaan China membina tenaga kerja Indonesia dengan metode "mengajar dan magang". Kemudian, ada juga 84,3 persen di antaranya yang memberikan pelatihan pra-kerja untuk karyawan Indonesia.

Laporan tersebut juga menunjukkan bahwa perusahaan-perusahaan China di Indonesia terlibat dalam pembangunan ekonomi dan peningkatan industri Indonesia dalam berbagai bidang, seperti industri nikel, ekonomi digital, infrastruktur, energi terbarukan, dan lainnya.

"(Laporan) ini sepenuhnya menunjukkan kepada publik Indonesia bahwa perusahaan-perusahaan PMA China adalah bagian dari mereka, dan mereka telah secara aktif dan diam-diam memenuhi tanggung jawab sosial mereka," kata Lu Kang.

Selama pandemi COVID-19, perusahaan China dan Indonesia juga, kata dia, telah bekerja sama dalam penelitian dan pengembangan vaksin, serta pengadaan dan produksi vaksin-vaksin tersebut, dengan 88,6 persen perusahaan China di Indonesia juga berupaya mengatasi pandemi dengan menyumbangkan dana, masker, APD, generator oksigen, ventilator.

Berdasarkan data Pemerintah Indonesia, China merupakan mitra bisnis dan perdagangan terbesar Indonesia yang telah menciptakan 250.000 lapangan kerja bagi Indonesia.

Baca juga: Dubes hadiahi tumpeng untuk Asisten Menlu China di Resepsi Diplomatik
Baca juga: China beri dukungan secara aktif kepada Indonesia di KTT G20

Pewarta: Katriana
Editor: Mulyo Sunyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2022