Jakarta (ANTARA) - Konferensi Internasional Keolahragaan atau International Conference on Sports, Sciences, Physical Education and Health (ICSSPEH) 2022 fokus pada tiga bidang keolahragaan yakni ilmu olahraga, pendidikan jasmani, dan kesehatan.

"Gaya hidup dan kesehatan individu sangat penting untuk kesejahteraan, membantu individu untuk bebas dari masalah kesehatan seperti obesitas, diabetes, tekanan darah tinggi, dan kolesterol tinggi," ujar Dekan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Jakarta (FIK UNJ) Dr Johansyah Lubis, di Jakarta, Sabtu.

Baca juga: Menpora harapkan UNJ terus bangun SDM keolahragaan

Dia berharap konferensi itu dapat membantu peneliti dan pembuat kebijakan untuk berbagi pemikiran tentang ilmu olahraga, pendidikan jasmani, dan kesehatan.

ICSSPEH 2022 mengusung tema “Developing Literacy in Science, Physical Education, And Health for Improving Quality of Life” dan diselenggarakan pada 28 Oktober hingga 29 Oktober 2022.

Wakil Rektor Bidang Akademik UNJ Prof Suyono yang mewakili Rektor UNJ Prof Komarudin mengatakan pihaknya telah menyelenggarakan banyak konferensi internasional terkait olahraga seperti Advances in Sport Engineering Conference (ASEC, 2020) dan International Conference on Physical Education and Sport Science ke-6 (ICPESS, 2021).

Baca juga: UNJ raih rekor dunia atas penyelenggaraan ICPESS

Pada tahun 2022, Universitas Negeri Jakarta menyelenggarakan ICSSPEH, mengundang para ahli di bidang pendidikan jasmani, ilmu keolahragaan, dan kesehatan dari seluruh dunia. Hal itu diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi tumbuh dan berkembangnya kegiatan olahraga yang pada gilirannya juga dapat meningkatkan kuatnya pertumbuhan ekonomi yang sempat menurun akibat pandemi COVID-19.

"Semoga dengan terselenggaranya konferensi ini dapat meningkatkan riset di universitas terutamanya di FIK, dan mengembangkan ilmu pengetahuan keolahragaan. Diharapkan juga acara ini dapat bermanfaat bagi yang hadir dan dapat berkelanjutan ke depannya dapat terselenggara secara rutin," kata Suyono.

Baca juga: 19 Universitas siap bangun ilmu keolahragaan berwawasan iptek

Ketua Pelaksana ICSSPEH 2022 Dr Eka Fitri mengatakan ICSSPEH merupakan konferensi pertama dan akan dilanjutkan setiap tahunnya. Konferensi internasional tahun 2022 ini merupakan lanjutan dari tradisi melaksanakan konferensi dan seminar internasional di UNJ, antara lain ASEC (2020), ICPESS (2015 dan 2021).

Pewarta: Indriani
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2022