Jakarta (ANTARA) - Daniel Ricciardo, yang kehilangan bangku di McLaren setelah musim ini usai, kemungkinan berlabuh ke Red Bull atau Mercedes sebagai pebalap cadangan pada tahun depan.

Sang pebalap Australia memberi sinyal tentang masa depannya di Formula 1 setelah menyelesaikan Grand Prix Meksiko di peringkat tujuh, meskipun ia belum mengonfirmasi rencananya tersebut.

"Saya tidak akan berada di grid tahun depan, tapi saya akan di sini (F1) karena saya memiliki rencana ambisius untuk 2024," kata Ricciardo dikutip AFP, Senin.

"Diskusi sedang berjalan, tapi belum ada yang ditandatangani. Belum ada yang dijamin untuk 2024, tapi saya akan melakukan segalanya supaya saya bisa kembali," ujarnya menambahkan.

Ricciardo mendapat suara terbanyak sebagai pebalap terbaik di Meksiko setelah mampu finis P7 di belakang tim papan atas Red Bull, Mercedes dan Ferrari meskipun mendapat penalti 10 detik karena menyebabkan tabrakan dengan mobil AlphaTauri Yuki Tsunoda.

Para pengamat di paddock yakin Ricciardo disiapkan ke Mercedes sebagai pengganti Nyck de Vries yang mendapat bangku membalap di AlphaTauri musim depan.

Baca juga: Ricciardo realistis dirinya tak dapat bangku membalap di F1 2023

Bos tim Mercedes Toto Wolff mengonfirmasi adanya pembicaraan dengan Ricciardo, tapi ia juga mengira sang pebalap menemui tim lain.

"Iya, juga dengan Red Bull Racing," kata Wolff. "Bagi kami, kami melihat dia seorang dengan karakteristik hebat, tapi kami belum siap mengatakan siapa pebalap ketiga kami untuk musim depan.

"Kepribadiannya adalah kekuatan yang sebenarnya dan Daniel telah bersama kita untuk waktu yang lama. Dia tahu mobil luar dalam. Itu bisa menjadi keuntungan, tapi saya tidak ingin memulai rumor di sini karena sebenarnya adalah kami belum memutuskan apa-apa," ujarnya melengkapi.

Kepada Sky Sport F1 Ricciardo mengatakan ia yakin tidak akan berada di balik kemudi, tapi masih ingin terlibat dalam olahraga balap tersebut dan bekerja dengan tim dibarengi dengan ambisi untuk kembali ke lintasan pada 2024.

"Saya rasa sedikit waktu jeda dari bangku membalap akan berdampak bagi bagi saya dan kemudian mencoba untuk membangun kembali. Bisa dikatakan, saya belum rampung, tapi saya akan terlihat berbeda.

"Tidak diragukan lagi, dua tahun belakangan cukup berat, khususnya ketika Anda bekerja sangat keras tapi tidak membuahkan hasil, itu bisa menurunkan semangat Anda.

"Saya juga berpikir, nilai dari jeda musim panas, menjauh sebentar, memberi Anda perspektif yang berbeda. Ini tanpa henti. Anda tidak benar-benar mendapatkan kesempatan untuk membangun kembali.

"Setiap orang berbeda, tetapi saya benar-benar percaya bahwa itu adalah berkah tersembunyi. Dengan melakukan lebih sedikit, saya akan mencapai lebih banyak."

Baca juga: Pebalap Red Bull naik podium ganda di kampung Sergio Perez
Baca juga: Verstappen cetak rekor 14 kemenangan semusim di GP Meksiko

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Gilang Galiartha
COPYRIGHT © ANTARA 2022