Jakarta (ANTARA) - Perkembangan teknologi di era digitalisasi seperti saat ini memberikan berbagai macam manfaat bagi banyak pihak. Termasuk dalam bidang informasi pekerjaan. Bahkan kini berbagai macam informasi mengenai lowongan pekerjaan juga disebarluaskan melalui media sosial dan juga platform lainnya.

Ada jutaan informasi lowongan kerja untuk berbagai tingkat pendidikan dan penempatan wilayah yang terpampang di internet. Termasuk informasi lowongan kerja Bandung yang salah satunya disediakan oleh LokerBandung.id.

Terdapat ribuan informasi lowongan kerja terpercaya yang dimuat dalam platform ini. Untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai harapan, LokerBandung.id telah menyediakan beberapa kategori pekerjaan, mulai dari full time, part time hingga freelance.

LokerBandung.id memuat informasi lowongan kerja Bandung dan sekitarnya juga memungkinkan kamu mencari pekerjaan secara mudah melalui tab rekomendasi lowongan yang tersedia.

Canggihnya Teknologi Masa Kini Memberikan Kemudahan Bagi Para Pencari Kerja

Meski sudah tersedia kategori loker dan rekomendasi loker yang dapat dipilih sesuai keinginan, namun hal ini belum bisa menjadi jaminan kamu akan mendapatkan pekerjaan secara cepat.

Beruntungnya, ada banyak teknologi yang kini dapat dimanfaatkan untuk mendukung para pencari kerja dalam menemukan pekerjaan yang sesuai passionnya secara cepat.

Pemakaian Kata Kunci atau Keyword di Resume maupun CV

Saat ini sudah ada Applicant Tracking Systems (ATS). ATS sendiri adalah inovasi teknologi digital yang familiar pada perusahaan maupun hrd.

Bahkan CV atau resume yang kamu kirimkan melalui jaringan internet juga akan tersaring. Cara yang bisa dilakukan agar bisa tersaring sesuai dengan jenis pekerjaan yang diinginkan adalah membuat resume maupun CV dengan bentuk yang mudah terlacak sistem ATS. Di bawah ini ada beberapa tipsnya.

 ● Pastikan terdapat keywords yang nantinya akan berhubungan pada posisi dan industri
 ● Usahakan untuk tidak menggunakan grammatical errors. Apabila dirasa sulit memeriksanya sendiri, maka kamu bisa meminta bantuan orang yang ahli dalam mengedit
 ● Kirimkan resume maupun CV dengan bentuk .doc atau .docx

Memang teknologi digital ATS akan mengantarkan surat elektronik yang isinya CV maupun resume kamu ke pihak perusahaan. Tapi sistem yang satu ini tidak akan bisa membantu kamu untuk mengklarifikasi apabila terjadi kesalahan dalam penulisan. Oleh sebab itu sebaiknya buat resume maupun CV dengan teliti.

Menelusuri Progress Lamaran Kerja

Bagi kamu yang mana pernah menggunakan situs lowongan pekerjaan, tentu sudah tidak asing lagi dengan notifikasi jika perusahan sudah melihat CV. Notifikasi tersebut biasanya akan memberikan sedikit rasa tenang karena sudah ada jawaban dari perusahaan meskipun pada akhirnya nanti tidak berlanjut.

Nah, bagi kamu yang sudah mendapatkan notifikasi dan perlu menandai kalender sebagai tanggal interview. Teknologi digital akan memberikan kemudahan untuk kamu membuat reminder melalui kalender yang ada pada gadget dan disinkronkan ke email. Dengan begitu jadwal interview pun tidak akan terlewatkan.

Proses Interview Tanpa Mobilisasi

Teknologi digital yang semakin canggih seperti saat ini ternyata mampu memfasilitasi perusahaan serta kandidat supaya bisa berkonsultasi dan bertemu secara virtual. Hal ini tentunya akan memudahkan proses interview tanpa harus ada mobilisasi.

Ada banyak sekali aplikasi yang dimanfaatkan untuk melakukan proses interview. Satunya adalah dengan Zoom meeting. Hal ini tidak akan membebani kandidat yang tentunya belum pasti akan diterima. Ongkos operasional pun akan semakin dipangkas.

Itu dia beberapa bukti dari perkembangan digitalisasi yang semakin memudahkan pencari kerja. Hanya saja, sebelum menentukan untuk melamar kerja di suatu perusahaan, pastikan informasi yang kamu dapatkan terpercaya.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
COPYRIGHT © ANTARA 2022