Tokyo (ANTARA) - Dolar AS tergelincir dari dekat puncak satu minggu terhadap mata uang utama lainnya di awal sesi Asia pada Rabu, dengan para pedagang gelisah menjelang keputusan suku bunga Federal Reserve yang juga akan memberikan petunjuk tentang jalur kebijakan masa depan.

Yen berkinerja lebih baik, melihat ledakan kekuatan tiba-tiba pada pertengahan pagi waktu Jepang, dengan para pedagang waspada terhadap kemungkinan intervensi di sekitar pertemuan Fed.

Indeks dolar - yang mengukur greenback terhadap sekeranjang enam mitra yang mencakup yen, euro dan sterling - turun 0,14 persen menjadi 111,33, tetapi masih tidak jauh di bawah tertinggi Selasa (1/11/2022) di 111,78, yang merupakan level terkuat sejak 25 Oktober.

Indeks naik semalam, turun cepat di pembukaan Eropa hanya untuk memulihkan kerugian setelah data AS menunjukkan tekanan harga yang berkelanjutan, meredam spekulasi perubahan arah Fed tahun ini. Pembukaan pekerjaan AS secara tak terduga naik, menunjukkan pertumbuhan upah tetap tinggi, sementara belanja konstruksi rebound yang mengejutkan.

Investor secara luas memperkirakan The Fed akan menaikkan suku bunga acuan sebesar 75 basis poin (bps) pada Rabu, kenaikan keempat berturut-turut. Tetapi untuk pertemuan Desember, pasar berjangka terpecah pada kemungkinan kenaikan 75 atau 50 basis poin di tengah isyarat baru-baru ini dari pejabat Fed tentang potensi perlambatan dalam langkah pengetatan.

"Dalam pandangan The Fed, menempatkan AS ke dalam resesi masih merupakan kejahatan yang lebih kecil daripada tidak mengatasi tekanan harga-harga yang mengakar," Chris Weston, kepala penelitian di Pepperstone, menulis dalam catatan klien.

"Tampaknya sangat tidak mungkin bahwa Fed ingin mendorong reaksi positif dalam aset-aset berisiko, dan risiko terhadap pasar dalam pikiran saya condong ke reaksi hawkish - ekuitas naik, imbal hasil obligasi dan dolar lebih rendah."

Indeks dolar telah melonjak lebih dari 15 persen tahun ini karena The Fed telah menaikkan suku bunga dengan tajam, menghancurkan mata uang lain dan menumpuk tekanan pada ekonomi global.

Yen telah sangat rentan terhadap kekuatan dolar, mendorong Kementerian Keuangan dan bank sentral Jepang (BoJ) intervensi untuk mendukung mata uang pada September untuk pertama kalinya sejak tahun 1998.

Pihak berwenang Jepang secara luas diduga telah melakukan beberapa kali intervensi lagi pada Oktober untuk menarik yen kembali dari posisi terendah 32 tahun hanya sedikit di 152 per dolar, meskipun mereka menolak untuk mengkonfirmasi tindakan apapun.

Pada Rabu, mata uang Jepang melonjak tiba-tiba sekitar setengah yen menjadi 147,4 per dolar. Kemudian memperpanjang kenaikan tersebut, dengan dolar terakhir turun 0,55 persen pada 147,40 yen.

"Ini tidak terlihat seperti intervensi bagi saya," kata Ray Attrill, kepala strategi valas di National Australia Bank, dikutip dari Reuters.

"Pada tiga kesempatan yang kita ketahui, BoJ melakukan intervensi dalam ukuran besar dan berulang kali, dan jika kita melihat intervensi sekarang - kecuali polanya telah berubah - saya perkirakan kita akan melihat pergerakan yang jauh lebih signifikan yang akan berlanjut sekarang."

Euro naik 0,15 persen menjadi 0,9888 dolar, tetapi masih mendekati level terendah satu minggu sesi sebelumnya di 0,98535 dolar. Sterling naik 0,17 persen menjadi 1,1505 dolar, tetapi tetap tidak jauh dari level terendah satu minggu Selasa (1/11/2022) di 1,14365 dolar.

Bank sentral Inggris (BoE) akan mengumumkan keputusan kebijakannya pada Kamis (3/11/2022), dan pasar mengharapkan peningkatan 75 basis poin juga, diikuti oleh perlambatan ke kecepatan 50 basis poin pada Desember.

Dolar Australia sedikit berubah pada 0,63945 dolar AS, berkonsolidasi di dekat level terendah satu minggu. Bank sentral Australia memilih untuk mempertahankan laju kenaikan suku bunga pada 25 basis poin pada Selasa (1/11/2022), meskipun inflasi konsumen berjalan pada level tertinggi 32 tahun.

Dolar Selandia Baru naik 0,16 persen menjadi 0,58485 dolar AS, mengumpulkan dukungan setelah laporan pekerjaan yang optimis memperkuat kasus kenaikan suku bunga super besar bulan ini dari bank sentral Selandia Baru.

Baca juga: Saham Asia goyah, dolar turun jelang keputusan kebijakan Fed
Baca juga: Yuan merosot 116 basis poin menjadi 7,2197 terhadap dolar AS
Baca juga: Dolar jatuh, investor prediksi Fed akan perlambat kenaikan suku bunga

Pewarta: Apep Suhendar
Editor: Kelik Dewanto
COPYRIGHT © ANTARA 2022