Jakarta (ANTARA) - Polres Metro Jakarta Selatan menyambangi ratusan rukun warga (RW) di daerah itu untuk mendengar langsung keluhan terkait keamanan, ketertiban, masyarakat (kamtibmas). 

"Semalam (1/11) kita ke RW 07 wilayah Kramat Pela, Kebayoran Baru. Ini bagian dari program Sambang RW dan sampai hari ini ada 140 RW yang sudah kami kunjungi," kata Kapolrestro Jakarta Selatan Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi dalam keterangan tertulis, di Jakarta, Rabu.

Ary menambahkan bahwa kegiatan ini penting untuk mendengar langsung dari para pengurus RW, para Ketua RT dan juga para tokoh masyarakat serta struktur sosial yang ada di masyarakat mengenai ketertiban dan keamanan.

Kegiatan ini menurut dia dapat membantu pihak kepolisian di lapangan untuk berdiskusi sehingga dapat memberikan solusi jangka pendek atas permasalahan keamanan dan ketertiban di wilayah hukum Metro Jakarta Selatan.

Baca juga: Polisi ajak warga Deklarasi Damai di Jakarta Selatan

Menurut Ary, pencegahan kejahatan harus dilakukan secara bersama-sama dan untuk itu kepolisian Jakarta Selatan mengedepankan pendekatan polisi harus hadir di tengah warga. (proactive policing).

Hal ini, kata dia, dengan cara meningkatkan kehadiran polisi di tengah masyarakat.

Sementara itu, Ketua RW 07 Aryanto mengapresiasi kegiatan itu karena warga dapat menyampaikan secara langsung kekhawatiran mereka atas ketertiban dan keamanan.

"Tentu Pak Kapolres tidak sendiri karena ada tiga pilar sehingga mereka akan bekerja sama untuk mencarikan suatu solusi yang efektif dan bisa langsung dirasakan oleh warga," katanya. 

Pewarta: Yoanita Hastryka Djohan
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2022