Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Barat (Pemkot Jakbar) mengandalkan peran kader Dasawisma di setiap kelurahan untuk mendata warga yang sedang mencari pekerjaan sebagai upaya menekan angka pengangguran di wilayahnya.

"Kita tingkatkan kader Dasawisma di setiap kelurahan untuk mencari tahu data  warga yang membutuhkan pekerjaan dan jenis pekerjaan yang dibutuhkan," kata Pelaksanaan Tugas Wakil Wali Kota Jakarta Barat, Iin Mutmainah saat ditemui dalam acara bursa kerja di mall Season City, Tambora, Jakarta Barat, Rabu.

Untuk diketahui, kader Dasawisma adalah warga yang tergabung dalam kelompok Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) yang selama ini bertugas mendata setiap kondisi kebutuhan warga di wilayah.

Setiap 20 Kepala Keluarga (KK), kata Iin, akan ditangani  satu kader Dasawisma. Nantinya data yang dimiliki kader Dasawisma ini akan diberikan ke pihak Suku Dinas terkait agar dapat memberikan pelatihan kerja yang layak.

"Nanti disalurkan ke setiap sudin untuk diberikan pelatihan seperti  kerajinan tangan dan lain-lain sesuai kebutuhan," kata dia.

Tidak hanya itu, para warga yang didata oleh Dasawisma juga bisa diarahkan untuk mengikuti kegiatan bursa kerja seperti yang sedang berlangsung hari ini.

"Bisa juga kita arahkan untuk mencari kerja lewat situs resmi Jaknaker.id. Di sana kan sudah terfasilitasi untuk para pencari kerja dan perusahaan yang mencari pekerja," kata Iin.

Sejauh ini, Iin mengaku peran kader Dasawisma dalam mengurangi angka pengangguran sudah cukup berdampak.

Dia berharap upaya tersebut dapat mengurangi angka pengangguran di wilayah Jakarta Barat secara perlahan.

Untuk diketahui, Suku Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Energi Jakarta Barat berhasil menyerap 688 orang di bursa kerja pada Agustus dan 581 orang di bulan September.

Di harapkan dalam kegiatan bursa kerja yang berlangsung hingga besok di Mall Season City ini, penyerapan dapat ditingkatkan menjadi  2.000 orang.
Baca juga: Pemkot Jakbar libatkan 40 perusahaan swasta di bursa kerja Season City
Baca juga: Pemkot Jakbar buka kesempatan warga disabilitas ikut pelatihan kerja
Baca juga: Pemkot Jakbar edukasi 600 pekerja soal K3 dan norma kerja

Pewarta: Walda Marison
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2022