Jakarta (ANTARA) - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G.Plate mengharapkan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) menjadi katalisator aspirasi dari masyarakat di daerah guna mendorong kemajuan bangsa menuju Indonesia Emas 2045.

“DPD RI senantiasa menjadi jembatan dan katalisator perjuangan aspirasi rakyat secara khusus aspirasi daerah masing-masing kita secara nasional. Guna memastikan bahwa kebijakan dan program-program negara, baik yang dilaksanakan oleh Presiden dalam hal ini bersama kabinetnya maupun lembaga negara lainnya, termasuk lembaga Kuasi negara melaksanakan fungsi dan tugasnya demi mewujudkan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat hingga ke seluruh pelosok tanah air,” kata Johnny seperti dikutip dalam siaran persnya, Rabu.

Lembaga yang dibentuk setelah masa reformasi di Indonesia itu baru saja merayakan ulang tahun yang ke-18 setelah didirikan pada 2004. Kehadiran DPD RI selama periode satu itu dinilai Johnny telah membantu banyak perkembangan di Indonesia yang berasal dari daerah-daerah.

Untuk itu Johnny mendorong agar semangat untuk mengawal aspirasi masyarakat dari daerah-daerah untuk pembangunan nasional dapat terus dijaga dan ditingkatkan oleh para para pemangku jabatan di DPD.

Salah satu aspirasi masyarakat yang perlu dijaga dan dapat dikolaborasikan untuk pembangunan nasional ialah terkait dengan transformasi digital.

DPD diharapkan dapat menjembatani kebutuhan masyarakat dengan mendukung program pembangunan infrastruktur digital.

Johnny kemudian menceritakan dalam hal membangun infrastruktur digital pihaknya menemukan cukup banyak tantangan di antaranya seperti tantangan administratif, geografis, kultural hingga masalah teknis di lapangan.

Masalah keamanan juga termasuk di dalamnya, tak sedikit menelan korban bahkan mengorbankan nyawa dalam memperjuangkan pembangunan infrastruktur TIK secara merata di Indonesia.

“Supaya semuanya mendapat manfaat yang sama untuk memastikan inklusivitas ruang digital nasional kita. Tugas yang penuh tantangan. Karena melaksanakan pembangunan infrastruktur digital hulu di wilayah yang selama ini tidak dilaksanakan oleh penyelenggara infrastruktur telekomunikasi, termasuk operator seluler dan penyelenggara jaringan-jaringan backbone fiber optik lainnya,” ujarnya.

Untuk itu ia berharap agar DPD bisa menjaga komunikasi harmonis baik dengan masyarakat maupun dengan pemerintah sehingga peta jalan transformasi digital di Tanah Air bisa terpenuhi dan bisa menciptakan kesetaraan akses bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Baca juga: Menkominfo apresiasi kinerja tim Indonesia mendorong tata kelola data

Baca juga: Menkominfo imbau operator seluler berani berinvestasi

Baca juga: Indonesia siap bantu Timor Leste optimalkan sektor digital

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2022