Jakarta (ANTARA) - Kepala Kepolisian Sektor Pancoran Jakarta Selatan, Komisaris Polisi Rudiyanto menyatakan pengurus Rukun Tetangga (RT) menjadi "ujung tombak" menjaga keamanan di wilayah.

"Jabatan RT tidak ringan, karena masih mempunyai pekerjaan pokok namun harus melayani masyarakat, maka harus kuat mental dan fisik, bila kita laksanakan dengan ikhlas akan menjadi ladang ibadah," kata Rudiyanto di Jakarta, Rabu.

Baca juga: Polisi koordinasi rencana pelarangan sewa harian apartemen di Jakarta

Rudiyanto sempat menyambangi tokoh masyarakat dan warga di rumah Ketua RT014/RW02, Kelurahan Duren Tiga, Kecamatan Pancoran, Jakarta.

Rudiyanto juga menuturkan pengurus RT menjadi andalan dan mitra kepolisian untuk menjaga situasi keamanan, serta ketertiban masyarakat.

Rudiyanto menyatakan pencegahan aksi kejahatan pun harus ditingkatkan melalui koordinasi tiga pilar, yakni kepolisian, pemerintah daerah, dan masyarakat.

Lebih jauh, Rudiyanto mengingatkan para tokoh masyarakat untuk selalu waspada bila ada indikasi peredaran minuman keras, narkoba maupun kejahatan di wilayahnya, serta untuk segera melaporkan kepada kepolisian agar bisa dengan cepat ditangani.

Baca juga: Polsek Pancoran sidak benda tajam di sekolah antisipasi tawuran

Untuk mempercepat penanganan pengaduan, Rudiyanto membagikan nomor telepon seluler pribadi dan nomor Pengaduan Polsek Pancoran yang juga sudah disebar Bhabinkamtibmas.

Dia juga mengatakan masyarakat dapat memanfaatkan untuk menyebar informasi melalui akun media sosial Polsek Pancoran.

"Jangan segan segan untuk menghubungi Polsek Pancoran, sebagian besar keberhasilan dari kepolisian merupakan dari laporan masyarakat," ungkap Rudiyanto.

Rudiyanto berharap unsur masyarakat selalu berkoordinasi dan bekerja sama dengan baik, agar tercipta suasana kamtibmas yang baik aman dan kondusif di lingkungan wilayah hukum Polsek Pancoran.
 
Baca juga: Polsek Pancoran dan PMI gandeng hotel gelar donor darah

Pewarta: Yoanita Hastryka Djohan
Editor: Taufik Ridwan
COPYRIGHT © ANTARA 2022