Surabaya (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Jawa Timur mengerahkan Tim Pelayanan Kesehatan Bergerak ke Kepulauan Kangean di Kabupaten Sumenep untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di kepulauan tersebut.

"Selamat menjalankan tugas. Semangat untuk semuanya. Salam hangat untuk masyarakat Kangean. Mudah-mudahan semua diberi kelancaran, kesuksesan, dan kemudahan," kata Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat melepas keberangkatan tim di Gedung Negara Grahadi, Kota Surabaya, Kamis dini hari.

Tim Pelayanan Kesehatan Bergerak Pemerintah Provinsi Jawa Timur beranggotakan 91 personel yang meliputi dokter umum, dokter spesialis bedah umum, dokter spesialis bedah plastik, dokter spesialis kandungan, dokter anestesi, dokter mata, dokter spesialis telinga, hidung, dan tenggorokan (THT), dokter gigi, bidan, perawat, dan tenaga kesehatan tradisional.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur Erwin Astha Triyono mengatakan bahwa setelah sampai di Kepulauan Kangean, tim akan memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di Puskesmas Kangean, Arjasa, dan Sapeken serta Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kangean.

Tim akan melayani 428 pasien di empat fasilitas pelayanan kesehatan tersebut. Menurut data pemerintah, ada 204 pasien yang membutuhkan pelayanan kesehatan mata, 127 pasien yang membutuhkan tindakan bedah, 39 pasien yang membutuhkan pelayanan kesehatan THT, 33 pasien yang hendak memeriksakan kandungan, serta 23 pasien yang memerlukan perawatan gigi.

"Beberapa pelayanan sudah disiapkan oleh teman-teman dari Dinkes Pemprov Jatim, dibantu teman-teman Dinkes Kabupaten Sumenep dan masing-masing rumah sakit milik Pemprov Jatim maupun organisasi profesi," kata Erwin.

Ia mengatakan bahwa pengerahan Tim Pelayanan Kesehatan Bergerak Pemerintah Provinsi Jawa Timur kali ini merupakan yang ketiga kali selama tahun 2022.

Sebelumnya, Tim Pelayanan Kesehatan Bergerak mengunjungi dan melayani pasien di dua pulau terpencil di wilayah Kabupaten Sumenep.

Erwin menjelaskan bahwa selain memberikan pelayanan kesehatan, selama mengunjungi pulau Tim Pelayanan Kesehatan Bergerak menyampaikan penyuluhan mengenai pencegahan stunting dan pencegahan penyakit kepada masyarakat.

"Semoga kegiatan ini bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat di pulau-pulau terpencil, khususnya di wilayah sekitar koridor Pulau Madura," demikian Erwin Astha Triyono.

Baca juga:
Jawa Timur siapkan dua kapal untuk percepatan vaksinasi
TNI melaksanakan misi kesehatan di Pulau Lakor NTT

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2022