Jakarta (ANTARA) - Sektor manufaktur informasi elektronik China mencatatkan pertumbuhan kuat dalam produksi, ekspor, pendapatan, dan investasi selama tiga kuartal pertama tahun 2022 ini, menurut data resmi pemerintah negara tersebut.

Nilai tambah perusahaan-perusahaan utama di sektor ini naik 9,5 persen secara tahunan (year on year/yoy) selama periode tersebut, 5,6 poin persentase lebih tinggi dari nilai tambah seluruh industri, menurut Kementerian Perindustrian dan Teknologi Informasi China.

Nilai pengiriman ekspor gabungan dari perusahaan-perusahaan tersebut, yang masing-masing memiliki pendapatan bisnis tahunan sedikitnya 20 juta yuan (1 yuan = Rp2.150), meningkat 6,4 persen (yoy), naik 0,2 poin persentase dari Januari hingga Agustus.

Pada periode yang sama, perusahaan-perusahaan di sektor ini melaporkan peningkatan total pendapatan operasional sebesar 8 persen selama satu tahun lalu menjadi hampir 11,04 triliun yuan.

Investasi di industri ini juga mencatatkan ekspansi pesat antara Januari hingga September, dengan investasi aset tetap melonjak 19,9 persen (yoy), naik 8,8 poin persentase dari nilai investasi semua industri.

 

Pewarta: Xinhua
Editor: M Razi Rahman
COPYRIGHT © ANTARA 2022