Jakarta (ANTARA) - Beberapa peristiwa yang berkaitan dengan isu perkotaan dan kebijakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terjadi selama Sabtu (5/11).

Dari Anggaran Pendapat dan Belanja Daerah (APBD) 2023 hingga 10 lokasi jalan tergenang.
Berikut ini rangkuman pilihan berita terkait isu perkotaan:

1. DPRD targetkan APBD 2023 rampung akhir November 2022

Jakarta (ANTARA) - DPRD bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) DKI Jakarta menyesuaikan penjadwalan terhadap skema pembahasan APBD DKI tahun anggaran 2023 dalam rapat Badan Musyawarah (Bamus) yang disepakati bisa rampung pada akhir November 2022.

Wakil Ketua Bamus DPRD DKI Khoirudin dalam keterangan di Jakarta, Sabtu, mengatakan bahwa terjadi pergeseran jadwal terhadap agenda paripurna penandatanganan nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) rancangan Kebijakan Umum Anggaran dan Plafon Prioritas Anggaran Sementara (KUA-PPAS) APBD DKI 2023 yang semula digelar Kamis (10/11) menjadi Selasa (8/11) pekan depan.
baca di sini

2. Ancol gelar eksplorasi burung peringati hari puspa dan satwa nasional

Jakarta (ANTARA) - Ancol Taman Impian menggelar kegiatan eksplorasi ragam satwa burung di unit rekreasi terbaru Jakarta Bird Land (JBL) dalam rangka memperingati Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional setiap 5 November

"Dalam kegiatan ini, kami berkolaborasi dengan Jakarta Birdwatcher Society, serta mengundang komunitas Teens Go Green Indonesia, Kids Birdwatcher dan juga siswa sekolah binaan yaitu Sekolah Rakyat Ancol dengan tujuan utama memberikan pengetahuan pada generasi penerus," kata Direktur PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk Eddy Prastyo dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu.
baca di sini
 
Jakarta Bird Land di Ancol Taman Impian, Jakarta Utara. (ANTARA/HO-JBL)

3. BPBD koordinasi PLN dan Gulkarmat tangani pohon tumbang di 20 titik

Jakarta (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta berkoordinasi dengan PLN dan Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) menangani pohon tumbang di 20 titik menimpa kabel listrik, rumah, dan kendaraan.

"Kami berkoordinasi dengan dengan Dinas Gulkarmat DKI dan PLN, juga dengan Suku Dinas Pertamanan Jakarta Selatan dan PPSU Kelurahan setempat untuk menangani pohon tumbang. Sampai saat ini beberapa titik masih dalam penanganan," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta Isnawa Adji dalam pesan singkatnya di Jakarta, Sabtu.
baca di sini

4.DKI koordinasi dengan berbagai unsur atasi 10 jalan tergenang

Jakarta (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI berkoordinasi dengan berbagai unsur yang bertanggung jawab dalam penanganan banjir di Ibu Kota untuk mengatasi genangan pada 10 titik jalan dan dua Rukun Tetangga (RT)

"Kami mengerahkan personel untuk memonitor kondisi genangan di setiap wilayah dan mengkoordinasikan unsur terkait untuk melakukan penyedotan genangan dan memastikan tali-tali air berfungsi baik bersama dengan para lurah dan camat setempat. Genangan ditargetkan untuk surut dalam waktu cepat," ucap Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta Isnawa Adji dalam keterangan tertulis, di Jakarta, Sabtu.
baca di sini
 

Pewarta: Walda Marison
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2022