Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyatakan banyak legacy (warisan) yang ditinggalkan Deputi Bidang Industri dan Investasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Henky Hotma Parlindungan Manurung.

“Kepada Ibu Flora (istri Henky) dan kedua putra tercinta, Evan (anak pertama) dan Gareth (anak kedua), semoga diberi kekuatan dan penghiburan dalam menghadapi cobaan ini. Mari kita melepas kepergian beliau dan mengiringi kepergiannya dengan penuh keikhlasan,” ujar dia secara virtual dari London, Inggris, dalam upacara pelepasan secara kedinasan atas wafatnya Henky Manurung yang dipantau secara online, Jakarta, Senin.

Sandiaga menyampaikan banyak jasa yang dilakukan oleh Henky dalam memajukan bangsa terutama melalui sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf).

Pertama, Henky merupakan penggagas penyusunan Online Single Submission (OSS) sebagai perangkat yang memudahkan para pelaku usaha, Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), dan investor untuk menanamkan modalnya di Indonesia. Banyak pelaku usaha dan masyarakat yang terbantu berkat perangkat tersebut karena mereka tak lagi kesulitan mengurus usaha, serta membuka lapangan pekerjaan.

Kedua, lanjut Menparekraf, Henky adalah eksekutor dalam menghubungkan dan menyukseskan program pemerintah tentang pembiayaan pariwisata untuk skema Kredit Usaha Rakyat (KUR). Pelaku usaha dan masyarakat menerima langsung manfaat dari keberlangsungan program KUR.

Pada saat pandemi COVID-19 muncul, Henky juga berperan sebagai Ketua Tim Pelaksana Vaksinasi COVID-19 bagi lingkungan parekraf. Ketika itu, pemberitaan vaksinasi masih terbatas, dan Henky meyakinkan Menparekraf untuk mendorong vaksinasi diberikan kepada pelaku usaha parekraf dengan harapan usaha mereka dapat berjalan kembali.

“Bahkan, Pak Henky dikenal dan banyak yang menyapa dia sebagai 'Tukang Vaksin Keliling'. Ya, dia adalah 'Tukang Vaksin Keliling' Indonesia dan atas dedikasinya, dia menghubungkan banyak pihak demi menciptakan sentra-sentra vaksin di destinasi wisata dan ekonomi kreatif,” ucap dia.

Kemudian, Henky juga menjadi man behind the scene program stimulus angga Buatan Indonesia (BBI) yang saat ini masih berlangsung, sehingga 20 juta UMKM terbantu melalui Gerakan Nasional BBI. Selain itu, Henky berjasa atas inisiasi kegiatan business matching untuk para pelaku UMKM mendapatkan investor, mengawal pembentukan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) parekraf, dan masih banyak program unggulan yang menjadi warisan Henky di Kemenparekraf.

“Saya menjadi saksi beliau memiliki semangat yang tinggi yang senantiasa membuka ruang kerja sama dengan semua pihak khususnya industri parekraf, perbankan swasta, dan antar kementerian/lembaga,” ungkap Sandiaga.

Pada Sabtu (29/10), Menparekraf menceritakan kunjungan kerja terakhir ke Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur bersama Deputi Henky. Saat itu, Henky disebut dalam keadaan kurang sehat.

Dia telah mengingatkan Henky agar beristirahat. Namun, berkat dedikasinya, Henky terus ingin hadir dan memastikan program-program Kemenparekraf berjalan.

Dalam pertemuan terakhir interaksi fisik, Henky menemui Sandiaga Uno untuk berpamitan karena harus berangkat ke Malang di Jawa Timur dalam rangka memastikan arahan Menparekraf tentang KEK Singhasari dan penguatan pilot project dari program unggulan pembiayaan Peraturan Pemerintah (PP) No. 24 Tahun 2022 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2019 tentang Ekonomi Kreatif.

Gak capek Ki (untuk bertugas ke Malang)? Beliau mengatakan, ‘ini sudah tugas saya.’ Mengutip hadis khoirunnas anfauhum linnas (sebaik-baik manusia adalah orang yang paling bermanfaat bagi manusia), Pak Henky termasuk memberikan manfaat yang terbaik bagi sesama. Mengutip Tri Hirta Karana yang kami pegang, Pak Henky juga memiliki hubungan yang baik kepada pencipta, kepada sesama, dan memberikan kontribusi positif kepada lingkungan hidup,” katanya.

Sandiaga bersaksi bahwa Henky pekerja yang tak pernah kenal lelah, suami dan ayah yang sangat sayang kepada keluarganya, mentor penuh kasih sayang yang menjadi teladan dalam bertindak, serta rekan kerja yang sangat dicintai dan disayangi. Semua yang pernah berinteraksi dengan Henky disebut mengakui Henky adalah pekerja yang memberikan dedikasi dan kontribusi terbaik bagi bangsa serta negara.

Deputi Bidang Industri dan Investasi Henky Manurung wafat pada Sabtu 5 November 2022 sekitar pukul 20.30 Waktu Indonesia Barat (WIB) di Rumah Sakit Mitra Bekasi Barat, Bekasi, Jawa Barat. Beliau lahir di Jakarta pada 2 Juni 1975 dan tutup usia pada umur 47 tahun.

Dalam upacara pelepasan, turut hadir Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo, Sekretaris Kemenparekraf Ni Wayan Giri Adnyani, dan sejumlah perwakilan dari Kemenparekraf.

Baca juga: Menparekraf bakal pamerkan produk ekonomi kreatif halal pada KTT G20
Baca juga: Kemenparekraf targetkan 4,4 juta tenaga kerja baru sektor pariwisata
Baca juga: Kemenparekraf kerja sama dengan Tokopedia dalam upaya adaptasi digital

 

Pewarta: M Baqir Idrus Alatas
Editor: Biqwanto Situmorang
COPYRIGHT © ANTARA 2022