Jakarta (ANTARA) - Tidar Bahkti Tiada Akhir (Tibta) 65 bekerja sama dengan Lembaga Pertahanan Nasional (Lemhanas) menggelar Jambore Nasional Generasi Ke-3 Tibta 65 di Kantor Lemhanas, Jakarta, 5-6 November 2022.

Sebagaimana dikutip dari siaran pers yang diterima di Jakarta, Senin, Ketua Panitia Jambore Nasional Tibta 65 Kolonel Sigit Karyadi Dick Darnad menyampaikan bahwa kegiatan tersebut agar  Generasi Ke-3 Tibta 65 dapat memanfaatkan waktu dengan efektif, memperoleh pelatihan kepemimpinan dan bela negara, serta mampu meningkatkan rasa cinta Tanah Air serta wawasan kebangsaan mereka.

"Berdasarkan hal tersebut, harapan dan hasil pelaksanaan Jambore Nasional 2022 dapat terus menjadi tolok ukur berkegiatan, pola pendekatan dari perbedaan karakter, suku, daerah, bahasa, minat bakat, dan pengetahuan mereka," ujar Kolonel Sigit.

Selain itu, tambah dia, jambore nasional itu juga ditujukan untuk membangun komunikasi yang lebih erat agar para peserta bisa saling membantu, mengasihi, sekaligus menciptakan suasana aman dan damai antargenerasi Tibta 65.

Ia juga berharap mereka dapat pula saling mengenal lebih baik, bekerja sama, dan saling mendukung antargenerasi.

Dalam kegiatan itu, Tibta 65 juga memberikan apresiasi kepada para generasi muda dalam bentuk penghargaan sebagai tanda terima kasih atas seluruh semangat, kemauan, serta daya upaya mereka.

Adapun kegiatan Jambore Nasional Generasi Ke-3 Tibta 65 itu dibuka oleh Gubernur Lemhannas RI Andi Widjajanto. Dalam kesempatan itu, Andi memberikan materi kepada peserta bertajuk Transformasi Digital Hijau, Biru, dan Konektivitas Global serta Fenomena 4 F (Food, Feed, Fuel, Finance).

Sementara itu, Ketua Umum Generasi Penerus (GP) Tibta Kolonel Inf. Elkines Bambang Soembodo dan Ketua Harian GP Tibta Rizal Rinaldi Theo Syafei memberikan arahan kepada peserta jambore nasional itu mengenai kedisiplinan, pengaturan waktu, kesantunan, kepedulian, dan pentingnya adaptasi terhadap ilmu pengetahuan serta perkembangan teknologi informasi.

Selanjutnya, ada pula materi pendalaman karakter, pembinaan sosio-psikologis, serta pendampingan oleh psikolog Maharani Ardiputri.

Dalam kesempatan yang sama, juga dilaksanakan pemilihan pengurus generasi ketiga Tibta 65 yang merupakan perkumpulan atau ikatan untuk mempererat kerukunan persaudaraan silaturahmi putra dan putri dari para orang tua abituren Akmil/AMN 1965 itu.

Mereka adalah M. Ceyta Sakti Gandhawilaga sebagai Ketua Generasi Ke-3 Tibta 65, Wakil Ketua Hadiid Akbar Amrullah, Sekretaris Alya Farah Alfathia Lubis, dan Bendahara Ayehsa Briano Dewanta.

Peresmian kepengurusan itu ditandai dengan pelepasan pita dan balon udara ke udara sekaligus penyerahan sertifikat dan penutupan acara jambore nasional oleh Ketua Umum GP Tibta.

Baca juga: GP Tibta peringati HUT ke-34 dengan tabur bunga di TMP Kalibata

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2022