Jakarta (ANTARA) - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memberikan dana siap pakai (DSP) untuk mendukung penanganan banjir di Kabupaten Aceh Tamiang, Provinsi Aceh.

Secara simbolis, Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto memberikan bantuan operasional DSP sebesar Rp500 juta dan paket logistik senilai Rp250 juta.

“Kami hadir membawa bantuan logistik untuk bisa langsung digunakan bapak ibu sekalian,” ujar Suharyanto dalam keterangan tertulis diterima di Jakarta, Selasa.

Baca juga: BNPB tekankan Pemkab Aceh Tamiang kerja cepat tangani banjir

Baca juga: BPBA sebut 23.380 warga Aceh Tamiang mengungsi akibat banjir


Suharyanto juga berkunjung ke salah satu lokasi pengungsian warga terdampak banjir di Gedung Nasional, Kecamatan Kota Kualasimpang, Kabupaten Aceh Tamiang.

Bantuan ini merupakan bantuan tahap I untuk mendukung penanganan bencana banjir di Aceh Tamiang.

Selanjutnya, BNPB akan memberikan bantuan tahap lanjutan sesuai dengan hasil kajian dan kebutuhan pemerintah daerah di lapangan.

“Saat ini kami sedang proses perbaikan tanggul, kerusakan jalan dan pengerukan sungai, semoga cepat surut, sehingga bapak ibu sekeluarga dapat kembali ke rumah,” kata dia.

Baca juga: BNPB akan bangun tanggul sungai antisipasi banjir Aceh Tamiang

Baca juga: Kepala BNPB tinjau penanganan dampak banjir di Aceh Tamiang


Pada kunjungan ini turut hadir Deputi Penanganan Darurat BNPB Mayjen TNI Fajar Setyawan, Kakordalops BNPB Brigjen TNI Lukmansyah serta jajaran dari BNPB, Bupati Aceh Tamiang, Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Aceh, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Aceh Tamiang, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Aceh Timur, Dandim 0117 Aceh Tamiang dan Kapolres Aceh Tamiang.

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2022