Beijing (ANTARA) - Presiden China Xi Jinping, pada Rabu (9/11), mengirim surat ucapan selamat untuk Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Wuzhen Konferensi Internet Dunia (World Internet Conference/WIC) 2022, yang dibuka di Wuzhen, Provinsi Zhejiang, China timur.

Dalam suratnya, Xi mengatakan bahwa teknologi digital semakin terintegrasi ke dalam semua domain serta seluruh proses pembangunan ekonomi dan sosial, yang membawa perubahan besar terhadap pendekatan masyarakat dalam pekerjaan, kehidupan sehari-hari dan tata kelola sosial.

Xi menyerukan kepada komunitas internasional, yang dihadapkan pada peluang dan tantangan yang dibawa oleh digitalisasi, untuk bersama-sama membangun dunia maya (cyberspace) yang lebih adil dan lebih merata, lebih terbuka dan inklusif, lebih aman dan lebih stabil, serta lebih dinamis.

China bersedia bekerja sama dengan negara-negara di seluruh dunia untuk membuka jalur pembangunan digital global yang mengedepankan pembangunan bersama dan berbagi sumber daya digital, ekonomi digital yang dinamis, tata kelola digital yang efisien, budaya digital yang berkembang, keamanan digital yang terjamin secara efektif, serta kerja sama digital yang saling menguntungkan, menurut Xi.

Mempercepat berbagai upaya harus dilakukan untuk membangun komunitas dengan masa depan bersama di dunia maya, mengontribusikan kekuatan dan kebijaksanaan bagi perdamaian dan pembangunan dunia, serta kemajuan peradaban umat manusia, imbuh Xi.

KTT tersebut dibuka pada Rabu dengan mengusung tema Menuju Masa Depan Digital Bersama dalam Dunia yang Terhubung -- Membangun Komunitas dengan Masa Depan Bersama di Dunia Maya (Towards a Shared Digital Future in a Connected World -- Building a Community with a Shared Future in Cyberspace). 


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2022