Jakarta (ANTARA) - Kementerian Sosial mengungkapkan rencana menggelar peringatan Hari Pahlawan selanjutnya bekerja sama dengan TNI AL, di pulau-pulau kecil.

"Tadi ngobrol dengan Pak Kasal (Kepala Staf Angkatan Laut) ya, mungkin menarik juga kalau tahun depan itu acara seperti ini dilaksanakan juga di pulau-pulau kecil, pulau-pulau terpencil begitu. Sehingga bisa menjalar ke mana-mana," ujar Staf Ahli Menteri Bidang Teknologi Kesejahteraan Sosial Asep Sasa Purnama di perairan Kepulauan Seribu, Jakarta, Kamis.

Peringatan Hari Pahlawan 2022, Kemensos mengusung tema Pahlawanku Teladanku, guna mengenang dan menghormati jasa serta perjuangan para pahlawan dalam mempertahankan kemerdekaan.

Sasa mengatakan tiga tujuan peringatan Hari Pahlawan tahun ini yakni membangun ingatan kolektif bangsa agar dapat menggugah kesadaran masyarakat untuk mengimplementasikan semangat dan nilai-nilai luhur pahlawan dalam kehidupan sehari-hari.

Baca juga: BRIN: Periset ciptakan kebaruan dan inovasi maknai Hari Pahlawan

Baca juga: Merah Putih terbentang di Jembatan Suramadu peringati Hari Pahlawan


Selain itu memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan meningkatkan rasa kecintaan serta kebanggaan sebagai bangsa dan negara Indonesia.

Sasa mengharapkan peringatan Hari Pahlawan seterusnya dapat memberikan penguatan dengan pemahaman kontekstual tentang Hari Pahlawan, maupun pahlawan kekinian dengan berbagai acara yang dilakukan lebih hebat lagi, kata Sasa.

Kementerian Sosial bersama TNI AL menggelar upacara tabur bunga di laut untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan dalam memperingati Hari Pahlawan 2022 di atas geladak heli KRI Semarang-594 yang berlayar menuju Pulau Damar, Kepulauan Seribu.

Sebagai Inspektur Upacara, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Tudo Margono memimpin upacara Hari Pahlawan 2022, serta pelaksanaan tabur bunga.

Upacara yang berlangsung di atas KRI Semarang-594 tersebut berangkat dari Dermaga Kolinlamil Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Upacara diawali dengan penghormatan kepada arwah para pahlawan dan dilanjutkan mengheningkan cipta untuk mengenang jasa para pahlawan bersamaan dengan bunyi gauk KRI Semarang-594, serta diakhiri dengan kegiatan tabur bunga.

Peringatan Hari Pahlawan kali ini melibatkan sekitar 400 perwakilan dari TNI/Polri, dan sejumlah kementerian dan lembaga pemerintah non-kementerian (K/L). Upacara tabur bunga di laut merupakan bagian dari upaya mengenang jasa para pahlawan dalam mempertahankan kedaulatan serta keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).*

Baca juga: Kemensos: Tantangan kepahlawanan juga ada di lautan

Baca juga: MKN: Museum bisa jadi inspirasi-motivasi anak muda teladani pahlawan

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2022