Jakarta (ANTARA) - PrimaKu sebagai partner resmi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) dan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) berkomitmen untuk berperan aktif menekan angka stunting di Indonesia dengan menyelenggarakan aktivasi tahunan pertama, Parenthood Institute by PrimaKu.

"Melalui Parenthood Institute by PrimaKu, kami ingin mengintegrasikan semuanya dalam bentuk kelas parenting online yang menyenangkan serta diasuh oleh berbagai dokter dan ahli di bidang kesehatan dan tumbuh kembang anak," ujar CEO PrimaKu, Muhammad Indraputra dalam jumpa pers daring di Jakarta, Kamis.

Parenthood Institute by PrimaKu ditujukan untuk para orangtua serta calon orangtua. Ada empat kelas parenting yang dikategorikan berdasarkan usia anak, yakni 0-6 bulan, 7-12 bulan, 1-3 tahun, dan 3-5 tahun.

Baca juga: Manfaat "reward" bagi si buah hati menurut psikolog

Setiap kelas yang dibuka pada 21 November 2022, para peserta akan mendapatkan materi pelajaran dalam tiga format, yaitu artikel, KULTUM (video pendek), dan webinar dengan mengangkat tiga pilar di dalamnya, yaitu kesehatan, wellness, dan ekonomi.

Melalui program ini, para orangtua diharapkan lebih aktif berperan memonitor tumbuh kembang anak sekaligus untuk mendapatkan poin sebanyak-banyaknya melalui berbagai macam kelas dan aktivitas yang dilakukan untuk mendapatkan peringkat orangtua terbaik dan teraktif.

Poin bisa didapatkan jika peserta menyelesaikan kelas dengan cara ikut serta dalam materi pelajaran, menyelesaikan kuis dan misi harian, serta berbagai tugas lainnya.

Lima peserta dengan poin tertinggi akan ditampilkan di papan skor PrimaParents Hall of Fame untuk memenangkan total hadiah berupa uang tunai senilai Rp50 juta untuk lima pemenang serta ratusan hampers produk anak.

Sebagai puncak acara, PrimaKu akan menggelar online graduation di tanggal 22 Desember 2022 dan mengumumkan kelima nama pemenang yang berhasil menduduki puncak poin tertinggi di papan skor PrimaParents Hall of Fame.

Baca juga: Psikolog: Orang tua perlu pahami "digital parenting"

Kehadiran Parenthood Institute by PrimaKu mendapat dukungan dari Ketua IDAI dr. Piprim Basarah Yanuarso, Sp.A(K). Dia mengatakan untuk mencapai tujuan bersama dan menekan angka stunting di Indonesia dibutuhkan usaha yang konsisten dari berbagai pihak.

"Kami dengan senang hati mendukung program Parenthood Institute by PrimaKu karena ini adalah sebuah program yang bagus, di mana para dokter dan orang tua bisa berinteraksi secara langsung dan intens dengan fokus yang jelas," kata dr. Piprim.

Hal senada juga disampaikan oleh Direktur Eksekutif International Pediatric Association (IPA) Prof. Dr. dr. Aman Bhakti Pulungan, Sp.A, (K), FAAP, FRCPI (Hon.) bahwa menjaga, merawat, dan mendidik anak di era digital bukan hal mudah.

Oleh karenanya, dibutuhkan sebuah platform yang terintegrasi agar orangtua mudah mendapatkan edukasi dan informasi yang terpercaya untuk menekan angka stunting.

"Saya yakin Parenthood Institute by PrimaKu bisa jadi salah satu ajang belajar parenting yang tak hanya menarik, tapi juga kaya manfaat untuk para orang tua dan anak-anak Indonesia," katanya.

PrimaKu sebagai pelopor digital ekosistem di bidang tumbuh kembang anak yang berdiri sejak 2017 memiliki misi untuk menjadi support system utama orangtua untuk memastikan pertumbuhan dan perkembangan anak yang prima di Indonesia terutama di 1000 hari pertama kehidupan anak.

Platform ini memiliki layanan kesehatan secara holistik dengan mengembangkan berbagai macam fitur aplikasi serta kegiatan edukasi yang konsisten.

Baca juga: Olahraga bantu pengembangan karakter sosial dan keterampilan anak

Baca juga: Psikolog: Orangtua perlu selaraskan pola asuh dengan tantangan digital

Baca juga: Kiat ajarkan rivalitas sehat kepada anak

Pewarta: Maria Cicilia Galuh Prayudhia
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2022