Jakarta (ANTARA) - Ketua Dewan Pembina Pusat Kajian Politik dan Keamanan (Puspolkam) Indonesia Firman Jaya Daeli mengapresiasi pemerintahan Presiden RI Joko Widodo yang mengambil peran signifikan dalam memperkuat posisi Indonesia di kancah dunia.

"Sebagai masyarakat dan bangsa Indonesia tentu berterima kasih di bawah pemerintahan kepemimpinan Presiden RI Jokowi telah mengambil peran signifikan, mengambil inisiatif dalam rangka untuk meletakkan posisi Indonesia di kawasan dan internasional," ujar Firman saat memberikan sambutan dalam Seminar Nasional Puspolkam bertajuk Peran Indonesia dan G20 dalam Geopolitik Dunia dan Stabilitas Keamanan Asia Pasifik di Gedung Pancagatra Lemhannas, Jakarta, Senin.

Adapun peran-peran signifikan yang telah diambil oleh pemerintahan Jokowi untuk memperkuat posisi Indonesia di dunia, di antaranya terkait dengan upaya mempromosikan misi perdamaian dunia sekaligus dalam rangka mewujudkan stabilitas politik dan keamanan.

Menurut Firman, ke depannya di tengah situasi dan kondisi global yang serbadinamis ini, Indonesia sudah sepatutnya terus mengambil peran berarti dalam menghadirkan stabilitas politik dan keamanan, baik di wilayah kawasan Asia-Pasifik maupun di kancah internasional.

Ia mengatakan bahwa stabilitas politik dan keamanan pada dasarnya merupakan prasyarat utama untuk mengoptimalkan perkembangan sosial, ekonomi, budaya, dan pertahanan yang stabil.

"Di dalam situasi dan kondisi kini serta ke depan, Indonesia harus mengambil peran berarti, baik di Asia-Pasifik maupun di kancah internasional, bagaimana Indonesia bisa tampil sebagai negara terdepan bersama dengan negara-negara sahabat untuk membawa prasyarat utama ini, yaitu stabilitas politik dan keamanan," ucap Firman.

Dalam kesempatan yang sama, dia menyampaikan pula bahwa posisi Indonesia yang menguat di kancah dunia itu juga tidak bisa lepas dari peran berbagai elemen masyarakat, terutama para akademikus dan Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) RI.

Menurut Firman, mereka telah ikut mengambil peran dengan menghasilkan beragam pemikiran kritis agar Indonesia mampu mewujudkan stabilitas politik dan keamanan di wilayah kawasan dan kancah dunia.

Baca juga: Akademisi: Penyelenggaraan G20 di Bali bukti dunia apresiasi RI
Baca juga: Presiden Jokowi paparkan ekonomi RI terus tumbuh di tengah krisis

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2022