Jakarta (ANTARA) - Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau kembali menekankan komitmen negaranya dengan ASEAN dan di kawasan Indo-Pasifik, dan menegaskan posisi Kanada sebagai mitra yang dapat diandalkan dalam hubungan dengan ASEAN.

Dikutip dari laman resmi PM Kanada dari Jakarta, Selasa, saat berpartisipasi di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN, Trudeau menegaskan prioritas negaranya di kawasan yang mencakup mempromosikan perdamaian dan stabilitas regional, memperluas dan meragamkan perdagangan guna menciptakan pekerjaan kelas menengah yang layak di Kanada dan Asia Tenggara, memperkuat ketahanan ekonomi, dan berinvestasi serta menguatkan hubungan antar-masyarakat.

“Kanada dan ASEAN memiliki sejarah kemitraan yang panjang. Kanada berdiri bersama ASEAN sebagai mitra yang teguh, bekerja bersama untuk memastikan masa depan yang inklusif, kuat, dan berpusat pada masyarakat,” ujarnya.

Trudeau menghadiri KTT ASEAN di Phnom Penh, Kambodia, pada 13 November lalu, di mana Kanada diundang sebagai tamu Ketua ASEAN. Kanada sendiri telah menjadi Mitra Dialog ASEAN sejak tahun 1977.

Pada  2021, Kanada telah meluncurkan negosiasi untuk Kesepakatan Perdagangan Bebas (FTA) dengan ASEAN, di mana FTA tersebut akan menjadi landasan untuk hubungan kedua pihak yang lebih strategis, yang menstimulasi pertumbuhan ekonomi, inovasi, dan penciptaan lapangan kerja di kedua sisi Pasifik.

Adapun pada KTT Komemoratif ASEAN pada 12 November, yang juga merupakan peringatan 45 tahun hubungan dialog ASEAN-Kanada, kedua pihak berkomitmen untuk menciptakan Kemitraan Strategis Kanada-ASEAN, yang merepresentasikan hubungan kuat Kanada dengan kawasan dan merupakan langkah penting dan simbolis menuju hubungan yang lebih kuat.

“Saya menanti untuk bekerja sama dengan ASEAN dan negara-negara anggotanya, serta kawasan Indo-Pasifik secara luas, untuk menumbuhkan dan meragamkan perdagangan, menciptakan pekerjaan kelas menengah yang baik, mempromosikan perdamaian dan keamanan regional, dan membangun hubungan lebih dekat antar masyarakat untuk dunia yang lebih aman dan bersih,” kata Trudeau menambahkan.

Baca juga: PM Kanada akan hadiri KTT ASEAN, G20 dan APEC
Baca juga: Mendag Kanada kunjungi Indonesia, tingkatkan hubungan di Indo-Pasifik
Baca juga: Negosiasi perjanjian perdagangan bebas ASEAN-Kanada segera dimulai


Pewarta: Aria Cindyara
Editor: Atman Ahdiat
COPYRIGHT © ANTARA 2022