Jakarta (ANTARA) - Presiden Amerika Serikat Joe Biden mengumumkan AS bersama pihak lain memobilisasi dana hingga 20 miliar dolar AS untuk membantu proyek transisi energi di Indonesia dan surplus neraca perdagangan merupakan informasi kemarin (15/11) yang masih menarik untuk dibaca pada Rabu pagi ini.

Simak berita selengkapnya.

Presiden Biden umumkan bantuan 20 miliar dolar bagi transisi energi RI

Presiden Amerika Serikat Joe Biden pada KTT G20 di Bali, Selasa, mengumumkan AS bersama pihak lain berupaya dapat memobilisasi dana hingga 20 miliar dolar AS untuk membantu berbagai proyek transisi energi di Indonesia.

Ia berharap kucuran dana itu, yang merupakan hasil kerja sama Amerika Serikat, Jepang, institusi keuangan dunia, dan pihak swasta, dapat membantu Indonesia mengurangi emisi karbonnya secara signifikan serta memperluas jaringan pembangkit listrik dari energi baru dan terbarukan (EBT).

Menkop UKM apresiasi UMKM lokal dalam Future SMEs Village G20

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengapresiasi 300 usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), yang dibuka untuk delegasi KTT G20 dan masyarakat umum dalam acara Future SMEs Village Side Event G20.

Saat mengunjungi GoFood Culinary Bazaar di Bali Collection, Nusa Dua, Bali, Teten mengatakan dukungan dan kontribusi positif ekosistem layanan GoTo dalam ajang internasional G20 itu sangat membantu pertumbuhan UMKM Tanah Air.

Kemenperin gandeng perusahaan AS bangun pusat IC Design semikonduktor

Kementerian Perindustrian menggandeng perusahaan asal Amerika Serikat untuk membangun pusat Integrated Circuits (IC) Design industri semikonduktor, sebagai upaya substitusi impor, khususnya untuk produk components of diodes, transistors, and similar semi-conductor equipment, serta IC.

“Kami berupaya mengurangi ketergantungan semikonduktor yang rantai pasoknya semakin sulit dan kebutuhan makin lama makin tinggi. Sehingga, kita mesti menyiapkan supply-nya,” kata Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita lewat keterangannya di Jakarta, Selasa.

Penyelenggaraan KTT G20 tumbuhkan ekonomi Bali 8,1 persen

Penyelenggaraan rangkaian KTT G20 disebut telah berkontribusi pada ekonomi Bali yang tumbuh 8,1 persen pada kuartal III tahun 2022.

“Ini adalah kemajuan dibandingkan kuartal sebelumnya yaitu 8,05 persen,” kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dalam konferensi pers di sela-sela KTT G20 di Nusa Dua, Bali, Selasa.

BPS: Neraca Perdagangan RI surplus 5,67 miliar dolar pada Oktober 2022

Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan neraca perdagangan Indonesia surplus 5,67 miliar dolar AS pada Oktober 2022 dengan nilai ekspor 24,81 miliar dolar AS dan impor 19,14 miliar dolar AS.

"Surplus negara perdagangan barang pada Oktober 2022 merupakan surplus neraca perdagangan selama 30 bulan berturut-turut sejak Mei 2022," kata Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS Setianto dipantau di Jakarta, Selasa.

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2022