Pangkalpinang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyiapkan 70 petugas pemadam kebakaran (damkar) multifungsi untuk memberikan pelayanan dan melindungi masyarakat dari bahaya kebakaran dan ancaman lainnya.

"Petugas damkar ini tidak hanya menangani kebakaran saja, tetapi juga penyelamatan hewan liar dan lainnya yang berpotensi mengancam keamanan, ketertiban, dan kenyamanan masyarakat," kata Sekretaris Satpol PP Provinsi Kepulauan Babel Rolly Dwi Chandra di Pangkalpinang, Rabu.

Ia mengatakan, dalam meningkatkan keahlian multifungsi petugas damkar ini, Satpol PP Provinsi Kepulauan Babel melatih 70 petugas damkar, sebagai langkah pemerintah provinsi meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Baca juga: Sarang tawon vespa-semut rangrang di Trenggalek dievakuasi damkar

"Ilmu pengetahuan baru tentunya akan sangat berguna di lapangan, semoga tujuan kegiatan ini bisa tercapai yaitu terciptanya aparatur pemadam kebakaran yang berkompeten dan multifungsi," katanya.

Menurut dia, pembinaan pencegahan, penanggulangan, penyelamatan kebakaran, dan penyelamatan nonkebakaran ini sudah menjadi salah satu tugas dalam satuannya.

"Mengingat beratnya tantangan tugas ke depan, pelatihan ini dinilai sangat penting, agar dalam melayani masyarakat luas, aparatur damkar ini dapat tanggap, tangguh, dan responsif," ujarnya.

Baca juga: Damkar Yogyakarta evakuasi enam ular pada awal Oktober

Kepala Bidang Pencegahan, Penanggulangan, dan Penyelamatan Kebakaran dan Non Kebakaran Satpol PP Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Yurinalika berharap bimbingan teknis dan pelatihan ini dapat dilaksanakan berkelanjutan agar anggota damkar dapat terus meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guna memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat.

"Kegiatan ini mengusung tema terwujudnya perlindungan masyarakat dari ancaman bahaya kebakaran serta ancaman bencana lainnya melalui pencegahan, penanggulangan, penyelamatan kebakaran dan nonkebakaran yang antisipasif dan responsif," katanya.

Dalam pelatihan ini, kata dia, petugas damkar tidak hanya mendapatkan pembekalan materi, tetapi juga dibekali penerapan ilmu di lapangan.

Baca juga: Damkar Natuna Kepri relokasi seekor buaya demi keselamatan warga

"Dalam pelatihan ini, aparatur pemadam kebakaran mendapat bekal penggunaan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) dan penanganan hewan liar (animal rescue)," katanya.

Pewarta: Aprionis
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2022