Jakarta (ANTARA) - China merupakan pendukung setia sistem internasional dengan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) sebagai intinya, demikian disampaikan Presiden China Xi Jinping di Bali pada Rabu (16/11) sore ketika bertemu dengan Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres.

Xi mengatakan bahwa untuk mencapai perdamaian dunia, tujuan dan prinsip Piagam PBB haruslah dipatuhi dan keprihatinan keamanan yang sah dari semua negara harus ditanggapi dengan serius.

China siap untuk memperkuat kerja sama dengan PBB, dan bersama-sama memajukan Inisiatif Pembangunan Global (Global Development Initiative/GDI) dan Inisiatif Keamanan Global (Global Security Initiative) untuk mencapai hasil yang nyata, ujarnya.

Sementara itu, Guterres sekali lagi mengucapkan selamat kepada Xi atas terpilihnya kembali sebagai Sekretaris Jenderal Komite Sentral Partai Komunis China (Communist Party of China/CPC), seraya mengatakan bahwa PBB sangat menghargai komitmen China terhadap multilateralisme, dan dengan teguh mendukung prinsip Satu China, yang merupakan garis merah yang tak boleh disentuh dan harus dihormati.

Pewarta: Xinhua
Editor: Joko Susilo
COPYRIGHT © ANTARA 2022